Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dirut Mandiri: Penyelamatan Century Langkah Tepat

Kompas.com - 14/12/2009, 16:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kalangan perbankan meyakini penyelamatan Bank Century (kini Bank Mutiara) yang dilakukan oleh Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) pada tahun lalu merupakan keputusan tepat. Pasalnya, keputusan tersebut diambil untuk menyelamatkan perekonomian Indonesia dari krisis.

Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk Agus Martowardojo mengatakan, saat KSSK memutuskan untuk mengucurkan dana talangan sebesar Rp 6,7 triliun, kondisi Indonesia hampir sama seperti menjelang krisis moneter pada 1997-1998. Karena itu, krisis ekonomi tahun lalu dikhawatirkan bakal semakin parah seperti saat krisis tahun 1997-1998.

"Pandangan saya dan Ikatan Bankir Indonesia bahwa keputusan untuk melakukan penyelamatan Century adalah diyakini benar adanya. Diyakini baik," ujar Agus, di Jakarta, Senin (14/12/2009).

Dia meyakini, pengucuran dana talangan tersebut mampu menyelamatkan industri perbankan di Indonesia. Hal ini terlihat dari kondisi perbankan saat ini yang membaik. Rasio kecukupan modal (CAR) perbankan juga menunjukkan kondisi yang stabil.

"Keputusan 2008 adalah benar sehingga kita bisa menikmati kondisi seperti ini. Kondisi perbankan bagus sekali. Saat ini CAR baik," katanya.

Menurutnya, saat itu KSSK juga dihadapkan pada keputusan yang sulit untuk mengucurkan dana yang menimbulkan kontroversi tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com