Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koalisi Jurnalis Perempuan Buka Posko Koin Peduli Prita di Semarang

Kompas.com - 08/12/2009, 17:25 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Koalisi Jurnalis Perempuan (KJP) Semarang turut berinisiatif menggalang dukungan untuk Prita Mulyasari. KJP juga telah membuka Posko Koin Peduli Prita di Kota Semarang hingga dua minggu ke depan.

Prita sebelumnya divonis membayar denda Rp 204 juta kepada RS Omni Internasional Alam Sutera, menyusul kekalahannya dalam perkara perdata di Pengadilan Tinggi Banten. Ia dituduh mencemarkan nama baik Omni dengan menyebarkan keluhan atas layanan rumah sakit tersebut melalui email dan tersebar ke internet.

Ketua KJP Semarang Endang Istanti, yang juga jurnalis Metro TV, di Kota Semarang, Selasa (8/12) mengatakan aksi tersebut merupakan bentuk kepedulian terhadap Prita. Lebih dari itu, pengumpulan koin adalah bentuk perlawanan ketidakadilan hukum yang tidak memihak kepada rakyat kecil.

"Kasus seperti yang dialami Prita dapat menimpa siapa saja, terlebih rakyat kecil yang tidak memiliki banyak uang. Kami siap untuk mendukung mereka yang mengalami ketidakadilan," tutur Endang.

Aksi pengumpulan koin di Kota Semarang dilakukan para jurnalis di Jalan Pahlawan. Sebelumnya, posko telah dibuka pada Senin (7/12) di Jalan Tusam Raya No. 26, Banyumanik, Semarang.

Hingga Selasa (8/12) siang, dana yang berhasil terkumpul berjumlah Rp 612.660 dan 50 sen ringgit Malaysia. Posko akan terus dibuka hingga dua minggu ke depan, dan dana yang terkumpul akan diserahkan langsung kepada Prita Mulyasari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com