Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Konferensi Iklim, Greenpeace Panjat Gedung Parlemen

Kompas.com - 08/12/2009, 00:30 WIB

TORONTO, KOMPAS.com - Anggota Greenpeace kembali membuat heboh di Kanada. Mereka dengan mudah melewati petugas keamanan dan memanjat gedung parlemen setempat sebagai aksi demonstrasi menandai pembukaan hari pertama Konferensi Iklim ke-15 di Kopenhagen, Senin.

Ke-19 pengunjuk rasa itu membentangkan spanduk besar bertuliskan "Perubahan Iklim Akibatkan Biaya Hidup" dengan menyertakan polisi, truk pemadam kebakaran dan ambulans di bawahnya. Juru bicara Greenpeace. Jessica Wilson mengatakan ini adalah protes terhadap perluasan secara cepat pertambangan pasir minyak skala besar di bagian utara Alberta.

Para pejabat memerkirakan industri pasir minyak di negara setempat mampu menghasilkan 175 milyar barel minyak. Ini akan membuat Kanada menjadi negara kedua yang memiliki cadangan minyak terbesar setelah Arab Saudi. Tetapi, proses ekstraksi dalam jumlah tinggi telah mengakibatkan gas rumah kaca dan perubahan iklim

"Kami perlu melihat bagaimana aksi mereka terhadap perubahan iklim sekarang karena jutaan nyawa benar-benar bergantung kepadanya," kata Mike Hudema dari Greenpeace, yang berbicara di telepon dengan Associated Press.

Empat belas orang naik ke atas bangunan Blok Barat dan lima lainnya naik di atas gedung Senat Pusat. Namun tak lama kemudian, mereka ditangkap dan kuat kemungkinan akan menghadapi tuntutan pidana.

Kepolisian Kanada kini sedang menyelidiki bagaimana para pengunjuk rasa itu mampu berpindah-pindah menaiki gedung Parlemen Hill tanpa terdeteksi. Salah satu kemungkinan, mereka yang berada di Blok Barat naik lewat bagian belakang gedung di sekitar 7.30 kemudian bergantung dengan tali di berdiam tepi atap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com