Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Sungai Besar di Yogyakarta Berpotensi Meluap

Kompas.com - 07/12/2009, 21:54 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Memasuki musim hujan, Pemerintah Kota Yogyakarta mulai memberi sosialisasi banjir di bantaran sekitar sungai yang berpontensi meluap. Tiga sungai itu adalah Kali Code, Winongo, dan Gajahwong. Saat ini, daerah bantaran di sekitar tiga sungai besar itu dihuni ratusan hingga ribuan penduduk.

"Memasuki musim hujan ini kami sudah mulai adakan sosialisasi pada masyarakat, apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi banjir," tutur Kepala Kantor Penanggulangan, Bencana, dan Perlindungan Masyarakat Kota Yogyakarta Sudarsono di Yogyakarta, Senin (7/12).

Menurut Sudarsono, permasalahan pencegahan banjir di daerah sekitar sungai adalah sebagian masyarakat masih menggunakan sungai sebagai tempat pembuangan. Hal ini sulit dikontrol karena sampah bisa dibuang dari daerah lain yang dilalui aliran sungai. Untuk mencegahnya, pembersihan sungai dilakukan menjelang musim hujan. Upaya ini sangat terbantu oleh adanya komunitas-komunitas peduli sungai.

Peneliti banjir dan daerah aliran sungai dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Agus Maryono mengatakan, tiga hal yang harus dimiliki saat banjir adalah senter, tangga, dan tali. "Siapkan senter paling tidak satu orang satu karena saat banjir biasanya listrik mati. Itu bahaya sekali," katanya.

Agus juga memperingatkan agar ibu-ibu dan remaja putri di daerah rawan banjir tidak mengenakan rok, kain, atau daster di malam hari. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan mereka menyelamatkan diri saat banjir datang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com