Brigjen Lodewijk Freidrich Paulus sebagai Danjen Kopassus Baru - Kompas.com

Brigjen Lodewijk Freidrich Paulus sebagai Danjen Kopassus Baru

Kompas.com - 04/12/2009, 11:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Puncak komando kepemimpinan di tubuh Kopassus secara resmi dijabat oleh Brigjen TNI Lodewijk Freidrich Paulus, yang sebelumnya dijabat oleh Mayjen TNI Pramono Edhie Wibowo. Pergantian ini dilakukan dalam acara serah terima jabatan yang berlangsung di Makopassus Cijantung, Jumat (4/12).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI George Toisutta. Dalam sambutannya, KSAD menyatakan bahwa pergantian pimpinan di jajaran Kopassus merupakan bagian dari proses pembinaan organisasi yang dilakukan secara menyeluruh. "Hal ini berlangsung secara konsisten dan sistematis dalam rangka menjamin adanya kesinambungan pengabdian Kopassus kepada bangsa Indonesia," tegasnya.

Brigjen TNI Lodewijk F Paulus, yang sebelumnya menjabat sebagai Dirlat Kodiklatad, mengawali kariernya di lingkungan korps baret merah sebagai Danton Kopassandha hingga jabatan Dansat 81 Kopassus sampai tahun 2003.

KSAD mengatakan, dengan pengalamannya di jajaran Kopassus, Lodewijk tentunya sudah sangat siap mengemban tugas sebagai Danjen Kopassus yang baru. Sementara Mayjen TNI Pramono Edhie Wibowo selanjutnya akan mengemban tugas baru sebagai Pangdam III Siliwangi.

Selain upacara sertijab, dalam kesempatan yang sama juga dilakukan penganugerahan Brevet Komando dan Anti Teror Kehormatan kepada KSAD TNI. Penganugerahan ini dilakukan sebagai penghargaan kepada KSAD sebagai pembina utama seluruh satuan di jajaran TNI. Dalam upacara tersebut juga ditampilkan demonstrasi keterampilan menembak prajurit Satuan 81 Kopassus dan pelaksanaan tahapan "Serbuan Unit Aksi Khusus" bersama prajurit Yon Aksus Sat 81 Kopassus.


Editormbonk

Terkini Lainnya


Close Ads X