Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersepeda Rutin, Obat Hidup Sehat

Kompas.com - 18/11/2009, 22:18 WIB

KOMPAS.com- Endang Warsoma, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandung, mengangkat telepon genggamnya. Mimik wajahnya serius. Tapi, telepon di malam itu bukan menyangkut soal pekerjaan, tetek bengek soal kependudukan. Melainkan, soal bersepeda.

"Barusan adalah ajakan rencana gowes ke Pangandaran," tutur Endang menjelaskan perihal telepon itu. Jika sudah menyinggung soal sepeda, birokrat ini sangatlah antusias.

"Saya sering berangkat dari rumah di Ujung Berung ke kantor naik sepeda. Tiga puluh menit sudah sampai, lebih cepat dari naik mobil," ucapnya membeberkan dampak positif bersepeda.

Namun baginya, fungsi utama bersepeda adalah olahraga dan kesehatan. "Kalau bagi sebagian orang (bersepeda) ini adalah gaya hidup, buat saya adalah olahraga," tutur Endang yang aktif tergabung di dalam beberapa komunitas pesepeda, termasuk Bike to Work.

Virus kesadaran bersepeda pun tumbuh di kalangan guru. Setiap Sabtu, Iwan Hermawan (17) rutin bersepeda sejauh 17 kilometer dari rumah ke sekolah. Di akhir pekan, beramai-ramai bareng komunitas sepeda, termasuk Komunitas Guru-guru Pesepeda Bandung, ia kerap plesiran ke luar kota sambil gowes.

"Pengalaman bersepeda sampai ke Garut, Kawah Kamojang, Cianjur, Pangalengan. Libur panjang nanti rencana ke Pangandaran," tutur guru SMAN 9 Kota Bandung ini.

Lantas, apa untungnya capek-capek bersepeda? "Menjaga tubuh biar tetap stabil. Biar gak kena stroke. Kata orang China, bersepeda buat orang umur di atas 40 tahun itu bagus," tuturnya sambil berkelakar.

Dibenarkan Prof. Dr. Antonius Purba, AIFO, ahli faal dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, bersepeda merupakan pilihan yang mudah, murah, dan tepat menjaga agar tubuh tetap bugar dan sehat.  

"Keuntungan bersepeda ini, selain menggembirakan dan mudah, bisa dilakukan oleh siapa pun," tutur Kepala Bagian Ilmu Faal FK Unpad ini, Rabu (18/11) sore. Seluruh komponen kebugaran, yaitu mencakup menyehatkan jantung dan paru, membuat otot bertambah kuat dan memiliki daya tahan, tubuh menjadi lentur, serta badan seimbang, dipenuhi lewat olah raga bersepeda.

Lebih luasnya, seperti halnya kegiatan aerobik lain, olahraga ini sangat baik untuk mencegah stroke dan penyakit jantung, papar Ketua Umum Ikatan Ahli Faal Indonesia ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com