Meski Pailit, Karyawan TPI Tidak Di-PHK

Kompas.com - 12/11/2009, 16:15 WIB
Editorksp

JAKARTA, KOMPAS.com — Kendati telah dinyatakan pailit, karyawan PT Cipta Televisi Pendidikan Indonesia (TPI) tidak perlu cemas. Pasalnya, Tim Kurator pailit TPI memastikan tidak akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) dan menjamin akan tetap membayar penuh gaji karyawan.

"Kurator meminta kepada seluruh jajaran karyawan untuk tidak resah dan tetap bekerja sebagaimana mestinya. Karyawan akan tetap dibayar secara penuh karena itu telah dijamin undang-undang," ujar kurator pailit TPI, saat jumpa pers, di Restoran Bebek Bengil, Jakarta, Kamis (12/11).

Menurutnya, pascakeputusan pailit TPI, kurator berkomitmen untuk menjalankan kegiatan usaha TPI. Karena itu, untuk mempertahankan kegiatan usaha TPI, kurator akan tetap membayar biaya-biaya usaha, seperti biaya listrik, telepon, biaya karyawan, pajak, dan biaya lainnya.

Hal ini sekaligus membantah kekhawatiran yang menyebut bahwa dengan pailitnya TPI, maka ribuan karyawan terancam terkena PHK. Dia mengakui, setelah dinyatakan pailit, kurator pailit TPI berhak melakukan PHK atas beberapa karyawan. "Tetapi kami jamin, kami tidak akan melakukan PHK karena komitmen kami akan tetap menjalankan usaha TPI," tegasnya.

Kendati demikian, pihaknya memaklumi kecemasan para karyawan TPI. Karena itu, dia menjelaskan, Tim Kurator akan memberikan seluruh hak karyawan TPI termasuk pesangon, bila memang benar ada karyawan yang mengajukan PHK. "Namun, kalau ada karyawan yang khawatir, karyawan boleh mengajukan PHK dan tetap dapat pesangon penuh," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.