Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembangan Belanja "Online", Telkom Benamkan 2 Juta Dollar AS

Kompas.com - 05/11/2009, 11:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Masih ingat Plasa.com? Portal hiburan dan gaya hidup yang kini menjelma menjadi portal online shopping dikembangkan PT Telkom Tbk lewat perusahaan barunya, Mojopia.

Mojopia yang diluncurkan hari ini merupakan perusahaan yang khusus mengembangkan bisnis e-commerce, content, dan communication. CEO Mojopia Shinta Dhanuwardoyo ingin merangkul UKM untuk bisa mengembangkan bisnisnya. "Pada 2010 ada 1 juta barang dan 1.000 merchant bergabung di sini,"kata Shinta.

Selama ini memang perkembangan online shopping naik, tetapi masih ada kendala, antara lain, kepercayaan, penyalahgunaan kartu kredit, pengiriman barang, kualitas barang, dan spesifikasi barang yang ditampilkan. "Kami coba bangun kepercayaan dengan nama besar Telkom, selain platform online kami juga beri edukasi dan workshop mereka," kata Shinta.

Dengan investasi sebesar 2 juta dollar AS, Presdir Telkom Reynaldi Firmansyah berharap Telkom dan Mojopia bisa menjadi motor UKM untuk berkembang. "Perlu sebuah ekosistem, dengan e-commerce, content agregator, dan commercial yang diwadahi dalam bentuk portal," kata Reynaldi.

Ia belum mau menargetkan transaksi yang terjadi. Sebab, Telkom berinvestasi jangka panjang. Yang penting, trafiknya baik dan merchant yang tergabung juga baik.

Plasa.com versi terbaru sudah mulai diakses saat ini. Pendaftaran UKM bisa dilakukan via online. Mojopia belum memberikan beban biaya untuk UKM yang tergabung karena masih dalam proses pengembangan.

Nantinya, transaksi minimal Rp 5-Rp 10 juta baru akan dikenai charge di bawah 5 persen dari nilai transaksi. Pihak Mojopia menargetkan waktu 3 tahun untuk bisa balik modal. (Dian Pitaloka Saraswati/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com