Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia Usir 3.065 TKI Bermasalah Beserta 57 Anak-anak

Kompas.com - 31/10/2009, 14:03 WIB

TANJUNG PINANG, KOMPAS.com — Sebanyak 3.065 orang TKI bermasalah diusir Pemerintah Malaysia selama Oktober 2009. Hal itu dikatakan Ispaisah, Kasubsi Lintas Batas Imigrasi Tanjung Pinang, Sabtu.
    
"Tenaga kerja Indonesia (TKI) bermasalah tersebut diantar dari Pelabuhan Pasir Gudang, Malaysia, menuju Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjung Pinang," ujar Ispaisah.
    
Menurutnya Mereka terdiri atas pria sebanyak 1.951 orang dan wanita 1.114 orang, yang sebagian juga membawa 57 anak-anak.
    
Pemerintah Malaysia rutin mengusir TKI/WNI yang telah menjalani masa hukuman. Pengusiran dilakukan tiga kali dalam setiap pekan sehingga rata-rata mencapai ribuan orang per bulan.
    
Ispaisah mengatakan, TKI ilegal yang diusir Pemerintah Malaysia pada Sabtu (31/10) siang berjumlah 144 orang dan terdapat 3 anak-anak.
    
Sebelum dipulangkan ke tempat asal, kata dia, TKI bermasalah tinggal sementara di penampungan Satgas Penanganan TKI Bermasalah di Jalan Transito Kota Tanjung Pinang.
    
Sebagian besar yang diusir selama Oktober 2009 telah dipulangkan dengan menggunakan kapal Pelni ke Pulau Jawa untuk meneruskan perjalanan ke kampung halaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com