Palembang Siap Gelar Pembukaan SEA Games 2011

Kompas.com - 21/10/2009, 21:00 WIB
Editorlou

JAKARTA, KOMPAS.com - Fasilitas olahraga di wilayah Sumetera Selatan menjadi yang terbaik di Tanah Air, selain Komplek Gelora Bung Karno. Untuk itu, saat Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah pesta olahraga bangsa-bangsa se-Asia Tenggara, SEA Games 2011, Palembang akan menjadi tempat penyelenggaraan pembukaan SEA Games 2011 tersebut.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin menyatakan, Palembang siap menjadi tuan rumah dan ajang pembukaan SEA Games XXVI tahun 2011 mendatang. Fasilitas olahraga lengkap dan berada di satu tempat di Jaka Baring, Palembang. Hal itu layak menjadi tempat pembukaan SEA Games nanti, ungkap Alex di sela-sela perkenalan Chief De Mission kontingenn Indonesia dengan para atlet di Gedung Piramid Gelora Bung Karno, Rabu (21/10).

Palembang, diakuinya, sudah memiliki lebih dari 10 fasilitas olahraga yang bertaraf internasional. Hal itu yang menjadi pendorong semangat Sumsel mengajukan diri sebagai tempat pembukaan SEA Games XXVI tahun 2011 ke KON / KOI.

Digelarnya SEA Games XXVI di Indonesia katanya, sudah jelas Palembang dijadikan salah satu tuan rumah selain Jakarta dan Jawa Barat. Ini merupakan suatu penghargaan bagi masyarakat Palembang yang sukses menggelar PON XVI tahun 2004, tambahnya.

Saat ditunjuk menjadi salah satu daerah yang menggelar SEA Games 2011, fasilitas olahraga yang pernah dijadikan tempat pertandingan di PON XVI, diakui Alex, bisa digunakan lagi dan tidak mubazir. Untuk stadion sepak bola, Jaka Baring sudah memenuhi kriteria internasional dan layak untuk tempat pertandingan saat Indonesia menjadi tuan rumah SEA Games XXVI tahun 2011.

Melalui fasilitas yang dimiliki katanya, Palembang tidak terlalu berlebihan bila mengajukan sebagai tempat pembukaan SEA Games XXVI tahun 2011, meski penyelenggaraannya di gelar di tiga daerah yaitu Jakarta, Jawa Barat dan Palembang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.