MNC Ajukan Kasasi Pemailitan TPI

Kompas.com - 21/10/2009, 17:49 WIB
Editormsh

JAKARTA, KOMPAS.com — Pihak kreditur PT TPI yaitu PT Media Nusantara Citra (MNC) mengajukan kasasi ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat terkait putusan Pengadilan Niaga Jakarta Pusat yang memailitkan PT TPI.

"Kami keberatan dengan putusan itu," kata kuasa hukum kreditur PT MNC, Poltak Siagian, seusai mengajukan kasasi, Rabu (21/10).

TPI dinyatakan pailit atas gugatan yang dilayangkan PT Crown Capital Global Limited pada Selasa (13/10). Dalam putusan, TPI terbukti memiliki utang yang telah jatuh tempo ke pihak Crown Capital sebesar 53 juta dollar AS.

Poltak menjelaskan, meskipun PT MNC tidak terlibat langsung dalam perkara, tetapi berdasarkan Pasal 11 Ayat 3 UU Nomor 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan, pihak kreditur yang berkepentingan terhadap perkara dapat mengajukan kasasi.

"Kami kreditur punya kepentingan atas keberadaan TPI. Kepentingan kami sangat dirugikan atas putusan kepailitan," tegas dia.

Menurut dia, hakim telah keliru dalam menjatuhkan putusan. Dalam laporan keuangan TPI tahun 1999-2005 yang dijadikan bukti gugatan ke Pengadilan Niaga, tidak tercantum perusahaan Crown Capital sebagai kreditur. "Kenapa yang tidak punya alasan bisa ajukan permohonan. Di situlah kami lihat kekeliruan majelis hakim," kata dia.

Selain itu, katanya, majelis hakim tidak memeriksa pembukuan TPI serta tidak menghadirkan saksi ahli selama sidang. "Ini bukan kasus sederhana. Pembukuan harus diperiksa dan saksi ahli harus dihadirkan," tegasnya.

Pihaknya, kata Poltak, memiliki bukti laporan keuangan TPI sebagai bahan pertimbangan kasasi. "Harapan kami dibatalkan putusan karena tidak ada dasar hukumnya," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.