Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 6,4 Skala Richter Guncang Jakarta

Kompas.com - 16/10/2009, 16:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Guncangan gempa terasa di gedung-gedung tinggi di Jakarta, Jumat (16/10) pada pukul 16.53. Beberapa karyawan gedung tinggi berteriak histeris saat gempa terjadi. Mereka berusaha turun melalui tangga darurat untuk menyelamatkan diri.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, pusat gempa berkekuatan 6,4 skala Richter berasal dari 6,79 Lintang Selatan-105,1 Bujur Timur, 45 km barat laut Ujung Kulon, dengan kedalaman 10 km. Jaraknya sekitar 300 km dari Kota Jakarta.

Pembaca Kompas.com melaporkan, kepanikan terasa di pusat perbelanjaan WTC Matahari Serpong. Pengunjung berebutan keluar gedung itu saat guncangan gempa terjadi. "Suasananya sangat kacau," kata seorang pengunjung melaporkan.

Seorang peserta rapat di sebuah gedung di kawasan Lippo Village menceritakan, dia sedang berada di toilet. "Saya pikir saya kecapekan dan pusing karena guncangan. Saya waktu itu ada di toilet. Saya bingung kok banyak orang berlarian keluar gedung. Eh ternyata ada gempa," cerita Santi.

Di Jakarta, sejumlah karyawan gedung tinggi berhamburan dan berebutan keluar melalui tangga darurat. Mereka berteriak histeris.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com