Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prostat, Bahaya Khas Pria

Kompas.com - 03/10/2009, 11:01 WIB

KOMPAS.com - Di perkirakan, hampir setiap pria akan mengalami masalah prostat selama hidupnya. Selain mengganggu, masalah ini juga pertanda berakhirnya masa muda karena pada umumnya gangguan ini menyerang pria usia paruh baya.

Kelenjar prostat adalah kumpulan kelenjar di sekitar uretra, saluran yang menghubungkan kandung kemih ke luar. Prostat berfungsi mengeluarkan campuran cairan dan enzim yang diperlukan oleh sperma agar tetap sehat dan lincah.

Gejala gangguan prostat adalah kandung kemih terasa selalu penuh, aliran urin semakin sedikit dan terasa sakit ketika buang air kecil serta perasaan bahwa hajat kecil belum tuntas meski telah selesai melakukannya.

Penyebab gangguan prostat ini belum diketahui secara pasti, namun seiring dengan proses penuaan maka menurun juga kadar hormon testosteron. Teori lain menyebutkan bahwa pembengkakan kelenjar prostat disebabkan oleh penurunan frekuensi seksual, selain faktor gaya hidup, obesitas, merokok, serta kurang aktif berolahraga.

Sebagaimana pentingnya Pap-smear dan mamografi sebagai deteksi dini kanker mulut rahim dan payudara pada wanita, pria perlu melakukan deteksi dini terhadap kanker prostat. Jika diketahui pada stadium satu atau dua kemudian dilakukan pengobatan, harapan hidup pasien meningkat 80 persen.

Perubahan pola makan dan gaya hidup diketahui bisa mengurangi dampak penyakit ini. Bagaimana caranya?

- Ejakulasi secara teratur
Hal ini akan menyebabkan saluran pengeluaran tidak tersumbat.

- Menurunkan kolesterol
Dalam tubuh, kolesterol diubah menjadi testoteron. Berdasarkan pengamatan jaringan prostat yang membesar memiliki kandungan kolesterol tinggi sekali.

- Kurangi lemak
Hindari makanan-makanan kaya lemak dan perbanyak sayuran.

- Perbanyak likopen
Porsi makanan yang tinggi likopen, seperti tomat dan produk-produk olahannya, secara signifikan berkaitan dengan risiko kanker prostat yang rendah.

- Berolahraga
Memang, tidak ada olahraga yang spesifik untuk kesehatan prostat. Yang jelas, banyak dokter mengamati bahwa pria bertubuh bugar jarang mengalami masalah prostat ketimbang mereka yang lebih banyak duduk.

- Batasi kafein
Batasi minum minuman yang mengandung kafein karena bisa membuat Anda lebih sering buang air kecil dan hal ini tidak baik bagi kandung kemih karena membuat seolah-olah sudah penuh padahal belum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com