Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubes RI untuk Yunani Bagi-bagi Batik

Kompas.com - 01/10/2009, 05:55 WIB

LONDON, KOMPAS.com- Duta Besar RI untuk Yunani Ahmad Rusdi mengatakan, resepsi diplomatik yang digelar KBRI Athena bertema "Batik at a Glance" dalam rangka menyambut pengukuhan batik Indonesia oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia bukan benda pada tanggal 2 Oktober mendatang.

"Nuansa dan tema "Batik at a Glance" menjadi lengkap saat seluruh tamu menerima paket kenangan berupa syal batik tulis sutera dengan bermotif dan corak tradisional buatan pengrajin dari Cirebon, Yogya, dan Pekalongan," kata Sekretaris II KBRI Athena Widya Sinedu dalam keterangannya di London, Rabu (30/9).

Sekitar 400 tamu dari  berbagai kalangan pejabat pemerintah, Duta Besar/Korps Diplomatik, pengusaha, serta friends of Indonesia, kerkesima saat memasuki Wisma Duta KBRI Athena.

Wisma Duta secara spektakuler diubah total menjadi ruang pamer acara resepsi diplomatik dengan beragam corak, rupa dan warna kain batik dan kain tenun ikat serta kerajinan dari berbagai daerah di Indonesia menghiasai  setiap sudut Wisma Duta.

Kompleksitas pembuatan batik tulis dari motif awal menggunakan pensil, pencelupan sampai pengeringan yang ditampilkan dengan penayangan video dan peragaan kain sampel membuat undangan berdecak kagum. 

Undangan disuguhi iringan alunan musik dan lagu daerah dari berbagai belahan Nusantara seperti Rayuan Pulau Kelapa, Lembe-lembe, Apuse,  Angin Mamiri, Laluruik Sanjo, Singsingso, dan lagu Yunani yang dibawakan Vocal Group Masyarakat Indonesia di Athena. 

Menggenakan pakaian adat dan tradisionil Indonesia dengan iringinan organ tunggal yang dimainkan pemuda asal Yunani, penyanyi melantumkan lagu perjuangan sebagai refleksi atas HUT Kemederkaan ke-64 RI dan juga lagu manca negara. 

Gubuk makanan bermotif Palembang mengundang tamu untuk menyantap berbagai hidangan diantaranya sate kambing dan ayam, kambing guling, udang goreng saus tiram, martabak, rempeyek dan kerupuk udang, jajanan pasar termasuk kueh lebaran.

Kehadiran 100 perwira, bintara dan tamtama TNI AL yang tergabung dalam KRI Diponegoro-365, yang tengah bertugas dalam pasukan pemelihara perdamaian PBB (UNIFIL) di Lebanon Selatan yang berada di Athena menambah semaraknya suasana.

Selain Batik, KBRI Athena juga membagikan VCD dan brosur tentang obyek wisata dan Visit Indonesia 2009 membuat kenangan tersendiri bagi para tamu yang hadir. 

Ungkapan Efkaristo yang dalam bahasa Indonesia artinya terima kasih  dan "weldone" terlontar ketika para tamu memberikan apresiasi dan meninggalkan Wisma Duta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com