Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur dan Wakil Tak Hadiri Pelantikan DPRD Gorontalo

Kompas.com - 08/09/2009, 10:12 WIB

GORONTALO, KOMPAS.com — Para anggota DPRD Provinsi Gorontalo periode 2009-2014 yang berjumlah 45 orang, Selasa, dilantik tanpa dihadiri Gubernur Fadel Muhammad dan Wakil Gubernur Gorontalo Gusnar Ismail.
    
Akibatnya, rapat paripurna tersebut diwarnai interupsi dari sejumlah anggota DPRD yang mempertanyakan ketidakhadiran kepala daerah. "Apa pun alasan, ketidakhadiran gubernur dan wakilnya sulit untuk diterima. Seharusnya mereka telah mengatur jadwal dan meluangkan waktu untuk menghadiri upacara pelantikan para wakil rakyat ini," kata Abdulah Karim, salah seorang anggota DPRD.
    
Menurut dia, sikap gubernur yang hanya mewakilkan kehadirannya kepada Sekretaris Daerah (Sekda) juga bisa menimbulkan pertanyaan di kalangan masyarakat yang menyaksikan acara tersebut. Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Provinsi Gorontalo periode 2004-2009 Amir Piola Isa mengatakan bahwa gubernur dan wakilnya sedang menjalankan ibadah umrah.
    
"Kebetulan keduanya mengikuti ibadah umrah dan telah memohon maaf sebelumnya tak bisa menghadiri pelantikan kali ini," ujar Amir. Ia meminta para peserta sidang bisa memaklumi hal tersebut dan meminta izin untuk melanjutkan acara pelantikan. Upacara pelantikan tersebut juga diwarnai aksi unjuk rasa dari berbagai elemen masyarakat dan mahasiswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com