Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trauma Gempa dan Longsor, Dedek Selalu Ingin di Luar

Kompas.com - 08/09/2009, 10:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Trauma bencana juga dialami oleh anak-anak di Desa Cikangkareng, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Hal ini dialami oleh Dedek (7). Dia selalu tidak ingin berada di dalam rumah, apalagi menjelang sore hari.

Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cibinong Indah Effendi mengatakan keluarga Dedek sebenarnya semua selamat. Rumah keluarganya yang dekat dengan Posko Utama Bencana di dekat kawasan kampung Babakan Caringin pun hanya mengalami sedikit kerusakan. "Tapi saat bermain, dia melihat kejadian itu," tutur Indah ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (8/9).

Dedek tak menangis karena trauma. Hanya perilakunya yang berubah. Dia tak pernah mau masuk ke dalam rumah. Pada sore hari pun, sekitar waktu yang sama dengan jam kejadian, dia selalu mengajak orang tuanya berjalan-jalan jauh dari rumah. "Sekarang dia lagi sakit. Demam," lanjut Indah.

Indah mengatakan banyak anak-anak mengalami trauma. Hanya saja, konsekuensinya bisa berupa penyakit atau perubahan perilaku. Hingga saat ini, bantuan konsultasi psikologis untuk anak dan balita difasilitasi oleh komunitas kaum dhuafa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com