Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tersangka Pengeboman Hotel Marriott Diringkus

Kompas.com - 02/08/2009, 06:29 WIB

ISLAMABAD, KOMPAS.com — Polisi Pakistan telah menahan seorang aktivis dari kelompok milisi yang terkait Al Qaeda atas dugaan keterlibatannya dengan sebuah serangan bom bunuh diri di Hotel Marriott Islamabad tahun lalu yang menewaskan 55 orang. Tersangka, yang diidentifikasi sebagai Qari Shakir Rao, tergabung dalam Lashkar-e-Jhangvi (LeJ), dan ditahan di pinggiran Islamabad pekan ini.
    
Naeem Ahmed, seorang juru bicara polisi, mengatakan bahwa Rao juga diduga terlibat dalam serangkaian serangan lain. "Penyelidikan sedang dilakukan dan kami harap akan dapat mengumpulkan informasi dari dia," katanya.
    
Enam orang asing, termasuk duta besar Ceko dan tiga orang warga AS, termasuk dalam korban tewas ketika seorang pelaku bom bunuh diri meledakkan sebuah truk berisi bahan peledak setelah gagal menabrakkan mobil itu melalui petugas keamanan hotel pada 20 September 2008. Kelompok muslim Sunni LeJ adalah satu dari sejumlah kelompok yang dikaitkan dengan Al Qaeda, yang mulai menjadikan kelompok minoritas Syiah sebagai sasaran pada era 1990-an.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com