Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buntut Bom, Belum Ada Pembatalan Tiket Wisatawan

Kompas.com - 18/07/2009, 09:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sektor wisata diperkirakan akan mengalami dampak buruk akibat ledakan yang terjadi di Hotel Ritz-Carlton dan JW Marriott, Mega Kuningan, Jakarta, Jumat (17/7). Untuk meminimalkan dampak ledakan terhadap kepariwisataan nasional, Departemen Budaya dan Pariwisata telah melakukan kerja sama secara intensif dengan pihak-pihak terkait dalam penanganan pasca-ledakan.

"Kami juga telah berkoordinasi dengan Sekjen PBB untuk kepariwisataan (UNWTO), Bapak Taleb Hasan, dan akan segera melakukan langkah-langkah pertama," ujar Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik dalam surat elektroniknya, Sabtu (18/7).

Ia juga telah menghubungi pemerintahan daerah untuk meningkatkan kewaspadaan dan keamanan. Khusus Bali, Gubernur Made Mangku Pastika telah menjamin kemanan obyek-obyek pariwisata yang ada di seluruh Bali.

Sampai saat ini, belum terlihat akan terjadi eksodus para wisatawan dari Bali dan Jakarta. Pembatalan tiket kedatangan juga belum menunjukkan angka yang berarti.

Lebih jauh, Jero Wacik menyesalkan terjadinya ledakan kemarin. Pasalnya, sektor pariwisata tengah mengalami pertumbuhan yang positif. Ia juga mengimbau agar masyarakat dan dinas pariwisata tetap tenang dan waspada.

"Kami telah menginstruksikan jajaran dinas kepariwistaan yang ada di semua daerah agar proaktif bekerja sama dengan pihak-pihak terkait, terutama pihak keamanan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com