Gamelan Meriahkan Hari Musica di Madrid

Kompas.com - 27/06/2009, 13:03 WIB
Editor

LONDON, KOMPAS.com--Gending Gamelan Jawa memeriahkan "Dia de la Musica" (Hari Musica) di ruang simfonika Auditorium Nasional Madrid.

"Gamelan KBRI memang diundang secara khusus oleh pengurus auditorium untuk memeriahkan ’Dia de la Musica’ di gedung bergengsi itu," kata Sekretaris I KBRI Madrid, Allen Simarmata, kepada koresponden Antara London, Jumat.

Ia mengatakan 300 pengunjung pagelaran selama satu jam itu larut dalam irama Gamelan Jawa yang dimainkan staf KBRI dan Dharma Wanita, termasuk warga Spanyol dan friends of Indonesia, Jonas Bisquert.

"Mereka mengalunkan lagu gangsaran, selancaran, mayar sewu, kebogiro, laderang ayun-ayun, dan sluku sluku batok," katanya.

Selain Grup Gamelan KBRI, katanya, auditorium juga mengundang  Grup Esemble Gending dari Belanda pimpinan Jurren Sligter yang memperkenalkan Gamelan Jawa dengan tema "Gamelan Destellos De Bronce" (Kilauan warna Perunggu Gamelan).

Konser yang dibawakan kelompok Esemble Gending yang berasal dari Utrecht Belanda itu tampail dengan 12 personil yang meliputi 11 pemain berkebangsaan Belanda dan seorang pemain warga Spanyol.

"Lantunan gamelan yang dibawakan grup Esemble Gending itu juga memukau penonton yang memadati auditorium nasional de Madrid," katanya.

Sebelum konser digelar, Jonas Bisquert dengan bahasa Indonesia yang fasih menjelaskan mengenai gamelan dalam masyarakat Indonesia (Jawa), serta arti dan cerita yang terkandung dalam lagu.

Jones Bisquert mengajak imajinasi penonton mengikuti dan memahami lantunan gamelan kontemporer yang disuguhkan tersebut.

Pada penampilan beberapa lagu, disuguhkan pula tayangan di layar panggung sebagai latar belakang suasana pedesaan di Indonesia yang menggambarkan suasana kedamaian dan keindahan.

"Hal itu dimaksudkan mengajak penonton masuk melihat realita masyarakat Indonesia pedesaan yang indah dan damai serta akrab dengan lingkungan," katanya.

Pagelaran Gamelan KBRI dan konser Esemble Gending terlaksana atas kerja sama KBRI dengan Auditorio de la musica de Madrid.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.