Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rel Ganda 34,8 Km Prupuk-Purwokerto Siap Dioperasikan

Kompas.com - 17/06/2009, 20:50 WIB

BANYUMAS, KOMPAS.com — Rel ganda sepanjang 34,8 kilometer di ruas jalur Prupuk-Purwokerto siap dioperasikan pada musim awal liburan siswa sekolah, sekitar akhir Juni atau awal Juli. Meski hanya dapat mempersingkat waktu tempuh Jakarta-Purwokerto dalam hitungan menit, tetapi dengan adanya jalur ganda itu dapat memperlancar perjalanan kereta dari arah Jakarta ke Purwokerto maupun ke Yogyakarta.

Kepala Divisi Teknik Satuan Kerja Pembangunan Rel Ganda Muhammad Yani, Rabu (17/6) di Banyumas, mengatakan, saat ini jalur tersebut sedang melalui proses uji coba. "Untuk kelengkapan rambu-rambu, hanya tinggal memasang lampu sinyal dan wesel rel," katanya.

Jalur rel kereta Prupuk-Purwokerto itu merupakan salah satu bagian dari pembangunan rel ganda Cirebon-Kroya sepanjang 160 kilometer, yang direncanakan akan selesai seluruhnya pada tahun 2011. Sejauh ini, proyek pembangunan rel itu sudah menghabiskan dana APBN sebesar Rp 498,9 miliar.

Secara terpisah Kepala PT Kereta Api Daerah Operasional V Purwokerto Noor Hamidi mengatakan, peresmian pengoperasian rel ganda Prupuk-Purwokerto itu rencananya akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Peresmian itu akan dilaksanakan pada masa awal liburan siswa sekolah, antara akhir Juni dan awal Juli.

Dengan dioperasikannya jalur ganda Prupuk-Purwokerto, lebih lanjut Hamidi mengatakan dapat memperlancar perjalanan kereta api yang cukup padat di malam hari, dan juga selama musim liburan.

"Meskipun baru dapat mempersingkat waktu tempuh dalam hitungan menit, perjalanan kereta api akan lebih lancar dengan didukung oleh jalur ganda. Kereta dari arah barat maupun timur tak perlu berhenti menunggu untuk melintas," jelasnya.

Karenanya, dia berharap agar pembangunan rel ganda Cirebon-Kroya dapat segera diselesaikan, karena jadwal perjalanan kereta di jalur tersebut selama ini cukup padat. "Dengan adanya jalur ganda, tentu perjalanan kereta akan semakin lancar, terutama di musim liburan maupun musim mudik lebaran," jelasnya.

Terkait menghadapi arus perjalanan wisata selama masa liburan siswa sekolah, Kepala Humas PT KA Daop V Purwokerto Mochammad Fatcham mengatakan akan memaksimalkan rangkaian kereta, dari 10 gerbong menjadi 12 gerbong. "Kereta yang biasanya membawa delapan gerbong, juga akan dimaksimalkan menjadi 12 gerbong," lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com