Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala Adipura Akan Diarak Keliling Kota Kendari

Kompas.com - 04/06/2009, 22:40 WIB

KENDARI, KOMPAS.com — Perjuangan pemerintah dan masyarakat Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), untuk merebut Piala Adipura tahun 2009, akhirnya terwujud setelah pemerintah melalui Menteri Negara Lingkungan Hidup menetapkan Kota Kendari sebagai salah satu daerah peraih penghargaan kota bersih dan indah.

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Kendari, Heryanto Sada, di Kendari, Kamis (4/6), mengatakan, Wali Kota Kendari Ir Asrum akan berangkat ke Jakarta untuk menerima Piala Adipura yang akan diserahkan langsung oleh Presiden RI, Jumat (5/6). Setelah itu, Piala Adipura tersebut akan diarak keliling Kota Kendari. "Pak Wali Kota berangkat hari Jumat untuk menerima langsung Piala Adipura di Istana Negara. Sepulangnya dari sana, piala itu akan diarak keliling kota pada hari Senin (8/6)," ujar Heryanto.

Menurut dia, penghargaan Adipura ini merupakan kebanggaan terbesar bagi pemerintah dan masyarakat Kota Kendari karena untuk pertama kalinya mendapatkan penghargaan kota bersih dan indah sejak daerah otonom ini terbentuk tahun 1995. "Apa yang telah kita perjuangkan selama ini, baik masyarakat maupun aparat pemerintah kota akhirnya terbayar," lanjutnya.

Heryanto menambahkan, penetapan Kota Kendari sebagai peraih Adpura berhasil mengungguli kota-kota lain seperti Parepare dan Bone dari Sulsel yang menempati urutan kedua dan ketiga. "Saya tidak tahu berapa poin pasti untuk Kota Kendari, tapi sekitar angka 73 poin," katanya.

Secara terpisah, Wakil Wali Kota Kendari Musaddar Mappasomba mengatakan, penilaian kedua menjadi penentu keberhasilan Kota Kendari meraih penghargaan kota terbersih ini. "Sebelumnya, pada penilaian pertama kita masih belum lolos. Namun, pada tahap kedua kita berhasil," katanya.

Musaddar mengatakan, apa yang diraih Kota Kendari ini masih merupakan awal dari perjuangan selanjutnya, sebab untuk memperoleh prestasi yang lebih baik lagi masih membutuhkan kerja keras dari seluruh komponen yang ada. "Kota Kendari meraih Adipura untuk kategori kota sedang. Kita masih berjuang lagi untuk meraih prestasi yang lebih besar, yakni Adipura Kencana, tapi dengan syarat harus meraihnya lima kali berturut-turut Piala Adipura sekarang ini. Oleh karena itu, ini target kita ke depannya," tambah Musaddar.

Ia mengingatkan kepada seluruh elemen masyarakat dan pemerintahan di Kota Kendari agar tidak silau dengan prestasi ini. Sebab, menurutnya, masih ada beberapa wilayah yang masih kotor. "Itu belum masuk dalam titik pantau penilaian. Kalau dalam penilaian Adipura Kencana nanti, semua wilayah sudah masuk dalam titik pantau penilaian," jelasnya.

Menurut Musadar, selain Kota Kendari, juga Kabupaten Kolaka mendapatkan penghargaan Adipura kategori kota kecil yang bersih dan indah, yang akan diterima oleh Bupati Kolaka, Buhari Matta, di Istana Negara, serangkaian dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia, 5 Juni 2009.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com