Taman Budaya Kecolongan Kegiatan Politik SBY-Boediono

Kompas.com - 29/05/2009, 15:32 WIB
Editor

DENPASAR, KOMPAS.com — Pengelola Taman Budaya Denpasar mengaku kecolongan karena memberi izin kepada organisasi masyarakat Indonesia Baru terkait kegiatan politik dukungan kepada capres SBY-Boediono. Padahal, Taman Budaya Denpasar dilarang menerima dan menggelar kegiatan selain kesenian dan budaya.

Karena itu, Pemerintah Provinsi Bali kembali mengoreksi perizinan penggunaan Taman Budaya. Setelah peristiwa tersebut, perizinan harus sepengetahuan Gubernur Bali dan Kepala Dinas Kebudayaan Bali.

Kepala Taman Budaya Denpasar Dewa Nurjana mengaku bersalah telah memberikan izin kepada Indonesia Baru menggunakan salah satu panggung terbuka di Taman Budaya. "Kami menerima surat izin pemakaian untuk rapat kesenian dari Indonesia Baru. Kami tidak tahu ternyata izin yang tertulis berbeda dengan kenyataannya," katanya di Denpasar.

Karena itu, ia meminta maaf kepada masyarakat Bali atas keteledorannya dalam pemberian izin pemakaian. Alasannya, selama ini Taman Budaya tidak pernah dipakai kegiatan yang berbau politik. "Kami khawatir masyarakat mengira kami memihak kepada capres tertentu," ujarnya.

Pada Rabu (27/5) malam, Indonesia Baru pusat melantik kepengurusan di Bali di Taman Budaya. Dalam kegiatan itu, para peserta menyerukan yel-yel dukungan kepada capres SBY-Boediono.

Hadir pada acara tersebut Ketua DPD Partai Demokrat Bali I Gusti Bagus Alit Putra, Ketua Indonesia Baru Pusat S Budi Santosa, puluhan pengurus Partai Demokrat Bali, dan masyarakat. Alit Putra juga sempat mengajak peserta mendukung SBY-Boediono.

Sekretaris Tim Kampanye SBY-Boediono dari Partai Demokrat Bali I Made Mudarta membenarkan adanya penggalangan dukungan kepada SBY-Boediono oleh Indonesia Baru di Taman Budaya. Menurut dia, kegiatan tersebut inisiatif Indonesia Baru dalam mendeklarasikan dukungannya terhadap capres Demokrat.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X