Faisal: Apa Solusi Capres-Cawapres untuk Benahi Integrasi Ekonomi?

Kompas.com - 29/05/2009, 13:49 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Apa jawaban ketiga pasangan calon presiden dan wakil presiden terkait solusi terhadap masalah integrasi ekonomi merupakan pertanyaan penting yang akan dilontarkan oleh pengamat ekonomi dari Universitas Indonesia (UI) Faisal Basri jika ada kesempatan.

Sebab, menurut Faisal, integrasi ekonomi dari Sabang sampai Merauke sudah tercabik-cabik. "Ada tantangan untuk melakukan integrasi perekonomian nasional yang tercabik-cabik. Di Indonesia, harga di tiap daerah berbeda-beda. Di Wamena, harga apa gitu mahal, di Jakarta beda," ujar Faisal di Gedung DPD RI, Jumat (29/5).

Menurut Faisal, seharusnya seluruh daerah mengalami integrasi ekonomi, termasuk harga bahan-bahan pokok. Namun, nyatanya kesenjangan harga yang begitu tinggi terjadi antara daerah barat, tengah dan timur. Tantangan juga berupa minimnya produktivitas untuk memanfaatkan sumber daya alam yang melimpah di tanah Indonesia.

Faisal mencontohkan kekayaan batu bara yang melimpah di Kalimantan. Sayangnya, mati lampu kerap terjadi di tanah Borneo. Padahal, jika pemerintah jeli, upaya membangun pembangkit listrik dengan batu bara dapat menjadi prioritas. "Untuk itu saya mau tahu blue print konsep perekonomian masing-masing calon untuk menyelesaikan disintegrasi perekonomian bangsa," tandas Faisal.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X