Kampanye Capres dan Cawapres Membeludak, Tak Kena Sanksi

Kompas.com - 29/05/2009, 12:15 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com — Sederet iklan capres dan cawapres mulai bermunculan di layar kaca kendati jadwal kampanye yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) baru digelar tanggal 2 Juni-4 Juli 2009. Namun, menurut KPU, pasangan capres dan cawapres tersebut tidak dapat dikenai sanksi.

"Kalau kemarin mereka melakukan aktivitas mengarah kampanye tidak dapat dikenai sanksi karena belum ditetapkan sebagai calon dan masih merupakan bakal calon. Maka kami menetapkan itu belum sebagai pelanggaran," kata Anggota KPU Andi Nurpati, di sela rapat pleno tertutup, di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (29/5).

Ia melanjutkan, dalam UU 42/2008 tentang Pilpres hanya menyebut bahwa pasangan yang telah ditetapkan dari bakal calon menjadi calon presiden dan calon wakil presiden diancam sanksi kalau melakukan kampanye di luar jadwal.

Pagi ini, KPU menggelar rapat pleno untuk penetapan capres dan cawares. Andi menegaskan, mulai hari ini hingga masa kampanye yang telah ditetapkan, pasangan capres dan cawapres dilarang melakukan segala bentuk kampanye.

"Kami melalui media mengingatkan kepada seluruh peserta calon, pimpinan partai, yang mengusung calon dan seluruh tim sukses di semua tingkat agar sejak KPU menetapkan calon, agar memperhatikan rambu-rambu perundang-undangan, di antaranya adalah larangan berkampanye di luar jadwal. Mohon menahan diri dulu dari hari ini sampai dengan tanggal 1 Juni," paparnya.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X