Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hercules Jadi HL di China

Kompas.com - 20/05/2009, 14:38 WIB

BEIJING, KOMPAS.com — Media China, kantor berita Xinhua dan China Daily, melalui lamannya memberitakan kecelakaan pesawat Hercules yang membawa sekitar seratus penumpang di Magetan, Jawa Timur, pada Rabu (20/5) pagi sebagai salah satu judul utamanya.
   
Xinhua dalam beritanya, di Beijing, Rabu, memberi judul "Jumlah meninggal kecelakaan pesawat Hercules di Indonesia setidaknya mencapai 71 orang," sementara China Daily memberi judul "Kecelakaan pesawat di Indonesia, setidaknya 68 orang tewas".
   
Dalam beritanya, Xinhua mengemukakan bahwa jumlah penumpang tewas dalam kecelakaan pesawat Hercules TNI AU di Magetan, Jatim, setidaknya 71 orang, sementara 27 orang lainnya luka-luka.
   
Mengutip pejabat kementerian setempat, kantor berita China tersebut mengemukakan bahwa para korban tewas dan luka-luka saat ini telah dibawa ke rumah sakit untuk penanganan selanjutnya.
   
Pihak terkait saat ini sedang melakukan identifikasi dan pemeriksaan terhadap para korban dan seraya mengatakan bahwa hasil akhir penyebab kecelakaan akan diumumkan oleh pejabat yang berwenang.
   
Xinhua memberitakan bahwa pesawat Hercules jatuh terbakar dan menimpa sejumlah rumah sehingga menimbulkan kebakaran.
   
Pesawat dengan tipe C-130 Alpha 1325 melakukan perjalanan dari Lanuma Halim Perdanakusuma, Jakarta, dan akan menuju Biak, Papua, tetapi mengalami kecelakaan sekitar empat kilometer sebelum mencapai Lanud Iswahyudi.
   
"Badan pesawat tampak terbelah menjadi dua bagian dan mengakibatkan kobaran api," demikian ditulis di Xinhua.
   
China Daily dalam beritanya menyebutkan, "Sebuah pesawat militer Indonesia yang membawa lebih dari 100 orang jatuh dan terbakar sehingga mengakibatkan setidaknya 68 orang tewas."
   
Mengutip pemberitaan beberapa stasiun televisi lokal, media terbesar berbahasa Inggris itu melaporkan, puluhan orang luka-luka dan meninggal dan tampak sejumlah tentara melakukan pengangkatan mayat yang sebagian tampak terbakar.   
   
Juru bicara TNI AU Bambang Sulistyo, menurut China Daily, mengatakan bahwa pesawat Hercules C-130 itu membawa 112 penumpang dan awak pesawat. Pesawat itu sedang melakukan penerbangan rutin dan jatuh menjelang pangkalan angkatan udara di Magetan, Jawa Timur. "Pesawat sempat menghantam empat rumah di Desa Geplak, sebelum jatuh di areal persawahan," lapor China Daily.
   
"Kami mendengar sebuah ledakan hebat," sebut Wardi, seorang penduduk setempat seraya mengatakan bahwa pesawat jatuh ke tanah dan terbelah menjadi dua.
   
China Daily melaporkan pula bahwa Indonesia telah mengalami sejumlah kecelakaan pesawat TNI-AU, termasuk di antaranya Fokker 27 yang menabrak hanggar bandara dan menewaskan 24 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com