Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film G30S/PKI Paling Diminati di Bioskop TIM

Kompas.com - 18/05/2009, 22:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Film dokumenter Pengkhianatan Gerakan 30 September 1965 (G30S/PKI) menjadi film paling diminati para pengunjung bioskop di Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat.

Selain film G30S/PKI, film Indonesia lainnya yakni The Jack yang disutradarai Andi Yusuf juga banyak peninatnya, kata Humas Kineforum, Petrus di Jakarta, Minggu.

Selama tiga tahun Kineforum telah memutar film dokumenter dan umum secara gratis di TIM, kedua film Indonesia itu yang paling banyak menyedot penonton dibandingkan film lainnya dari beberapa negara lain yang diputar.

Untuk kedua film Indonesia itu sekali pemutaran bisa disaksikan sekitar 90 penonton yang memenuhi tempat duduk biskop.

Film Indonesia untuk dokumenter dan umum tidak kalah dengan film dari Italia, Perancis, dan Jerman yang juga diputar secara bergantian.

Kineforum adalah bioskop pertama di Jakarta yang menawarkan ragam program meliputi flim klasik, dokumenter, dan umum karya anak bangsa maupun beberapa negara lainnya.

Ruang pemutaran film ini tidak bertujuan mencari keuntungan finansial karena Kineforum dikelola oleh Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) yang meliputi bidang di antaranya musik, film, teater, dan seni.

Wadah ini juga diharapkan menjadi ruang eksibisi dan dialog bagi pembuat film dan penonton Jakarta, terutama untuk karya non-komersial.

Selama Mei 2009, Kineforum memutar film Italia karya Massimo Troisi yang peminatnya banyak dari kalangan remaja khususnya mahasiswa dan di antaranya film yang diputar Ricomincio Da Tre (Memulai dari Tiga) dengan durasi 90 menit, Non Ci Resta Che Piangere (Tidak Ada yang Bisa Dilakukan Selain Menangis) dengan durasi 113 menit.

Kemudian film Pensave Fosse Amore E Invece Un Calesse (Aku Pikir Itu Cinta) dengan durasi 113 menit serta Le Vie Del Singnore (Jalan Tuhan Itu Terbatas) 82 menit.  Semua film karya Massimo Trosi adalah drama komedi untuk remaja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com