Awas! Faktor Genetik Sebabkan Kanker Prostat

Kompas.com - 12/05/2009, 12:51 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com — Di Amerika, kanker prostat paling banyak diderita di antara jenis kanker lain. Penyebabnya adalah faktor genetik, sebagian besar beretnis Amerika-Afrika.

"Benar, kanker prostat terkait dengan faktor genetik," kata dr Rachmat B Santoso SpU dari Rumah Sakit Pusat Kanker Nasional Dharmais saat Penyuluhan Deteksi Dini Kanker Prostat di RS Dharmais, Jakarta, Selasa (12/5).

Lebih lanjut, ia mengatakan, jika ayah atau paman terkena kanker prostat, maka keturunan laki-laki terdekatnya akan 2,87-4,5 kali lebih besar terkena kanker prostat dibandingkan dengan mereka yang ayah atau pamannya tidak mempunyai kanker prostat.  

Di Indonesia, tambahnya, kanker prostat menjadi penyebab terbanyak keempat penyakit kanker. "Sedangkan yang datang ke rumah sakit 70 persen di antaranya sudah mencapai stadium empat," ungkapnya.

Untuk mereka yang secara genetik berisiko terkena kanker prostat, Rachmat menyarankan supaya mereka melakukan deteksi dini sesering mungkin. "Sejak umur 40 tahun harus mulai dideteksi. Dan sering," katanya.

Di RS Dharmais biaya deteksi kanker ini Rp 300.000-Rp 400.000.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X