Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditjen Pajak Jamin Data WP Tidak Akan Bocor

Kompas.com - 20/04/2009, 14:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak menjamin kerahasiaan data wajib pajak (WP), baik orang pribadi maupun badan, tidak akan bocor. Termasuk dengan adanya proyek pintar alias Project for Indonesia Tax for Administration Reform atau proyek pengembangan perangkat lunak.

Direktur Transformasi Bisnis Ditjen Pajak Robert Pakpahan menjelaskan, meski dana untuk membangun proyek pintar berasal dari pinjaman Bank Dunia, tapi pemerintah yang bakal bertindak sebagai eksekutor pembangunan proyek.

Hal tersebut dimulai dari penunjukan kontraktor proyek, pengawasan proses pembangunan, hingga operasional alias pelaksanaan proyek. "Bank Dunia tidak melaksanakan kontrak, dia hanya kasih uang. Jadi kita jamin kerahasiaan data WP," ucap Robert akhir pekan lalu.

Robert menjelaskan, data WP bakal dilindungi berdasarkan UU Nomor 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tatacara Perpajakan (KUP). Jadi data WP yang kelak bakal terhimpun dalam sistem pintar tersebut sudah barang tentu dijamin kerahasiaannya.

Terlebih, sambung dia, pinjaman atau loan yang dikantongi pemerintah tersebut tidak disertai sejumlah syarat. "Proyek dikerjakan dengan sangat profesional, tidak sembarangan jadi kalau ada perubahan di tengah jalan harus dimulai lagi dari awal. Dana cair kalau proyek disetujui," paparnya. (Martina Prianti/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com