Jika Bukti Laporan PDI-P Kuat, Ya Ditindaklanjuti...

Kompas.com - 06/04/2009, 12:52 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengaku akan menindaklanjuti setiap laporan terkait pencemaran nama baik dalam kampanye jika bukti-buktinya memenuhi unsur-unsur yang tercantum dalam Pasal 84 UU Pemilu.

Anggota Bawaslu, Wirdyaningsih, mengatakan, Bawaslu akan menindaklanjuti tiap laporan, termasuk jika Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) melaporkan grup di situs jejaring sosial Facebook, 'Say No!!! to Megawati'. "Setiap laporan kita akan tindak lanjuti dan akan kita lihat, apakah memenuhi unsur Pasal 84 apa tidak," tutur Wirdyaningsih kepada Kompas.com, Senin (6/4).

Menurut Wirdyaningsih, sebelum menindaklanjuti, Bawaslu akan mengecek terlebih dahulu subyek dan perbuatan yang dilaporkan. Dalam pasal 84 UU Pemilu, yang dimaksud pelaku adalah peserta, pelaksana, dan penyelenggara pemilu. Oleh karena itu, Bawaslu akan berupaya menyelidiki pembuat grup tersebut.

"Kalaupun ditemukan itu orang dari parpol lain, harus dilihat apakah orang tersebut terdaftar sebagai pelaksana dan penyelenggara kampanye partai tersebut sebagai perorangan," tandas Wirdyaningsih.

Bawaslu juga akan meneliti perbuatan yang menjadi substansi laporan tersebut, apakah sesuai dengan aturan pelanggaran dalam Pasal 84 huruf c, yaitu menghina seseorang, agama, suku, ras, golongan, calon dan/atau peserta pemilu lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.