Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Me-Time", Jangan Dilewatkan

Kompas.com - 18/03/2009, 10:18 WIB

Bagi manusia modern, terutama yang hidup di daerah perkotaan, waktu dianggap sebagai hal yang sangat berharga. Aktivitas sehari-hari yang rutin seperti bekerja adalah kegiatan yang paling banyak menyita waktu. Kerap kali tidak ada waktu  untuk bersantai, berinteraksi dengan keluarga dan teman, atau pun merawat serta memanjakan diri sendiri.

Menurut Treadway (1998), keterkaitan dan hubungan yang positif dengan diri sendiri, orang lain, dan juga lingkungan bisa menjadi “obat” bagi stres dan kecemasan yang sering dialami oleh manusia. Jadi, sesibuk apa pun seseorang, ia harus tetap bisa meluangkan waktu untuk dirinya sendiri, alias memiliki “Me-Time”.

Yang dimaksud sebagai “Me-Time” adalah waktu untuk diri sendiri tanpa kehadiran orang lain, sehingga kita bisa beraktivitas sendirian (atau bahkan tidak melakukan apa-apa). Jenis aktivitasnya bisa sangat beragam, tergantung dari mana yang membuat seseorang merasa nyaman ataupun senang. “Me-Time” dapat berupa jam tidur yang lebih panjang, saat kesendirian di dalam perjalanan menuju dan dari kantor, ataupun melakukan hobi, seperti misalnya membaca buku. Di malam hari, Anda bisa mengganti nomor ponsel Anda dengan nomor pribadi yang hanya diketahui orang-orang dekat. Hal ini bertujuan agar Anda tidak diganggu oleh telepon atau pesan yang tidak terlalu penting.

Jika kita kekurangan waktu untuk diri sendiri, kita tidak akan memiliki kendali terhadap hidup kita, demikian pendapat Marianne Legato, seorang kardiolog dan penulis buku. Sebab, hidup kita hanya terisi untuk melakukan sesuatu bagi orang lain. Otak yang bekerja terlalu keras akan mengalami kesulitan untuk beristirahat, bahkan di saat harus tidur. Kelelahan kronis dapat meningkatkan pelepasan hormon stres dan meningkatkan kadar gula darah. Konsekuensinya adalah meningkatnya risiko diabetes, penyakit jantung, dan berkurangnya daya ingat. Peningkatan hormon stres juga dapat berakibat menumpuknya lemak di bagian pinggang.

Pertanyaan yang mungkin muncul di benak kita selanjutnya adalah, bagaimana cara menemukan waktu tenang di antara kesibukan yang seakan tidak ada habisnya? Salah satu langkah awal yang dapat kita ambil adalah dengan menyederhanakan hidup kita. Menurut Breathnach (2000), untuk bisa menjalani hidup secara lebih sederhana, kita perlu melepaskan hal-hal yang kurang penting bagi kesehatan, baik yang bersifat fisik maupun psikologis. Misalnya, apakah proyek baru itu benar-benar layak dan pantas untuk diambil dan tidak akan mengorbankan pekerjaan yang masih berjalan? Masih perlukah kita bekerja di hari libur, sementara anak-anak juga perlu bermain bersama kita? Dengan berfokus pada hal-hal yang terpenting dalam hidup kita, maka waktu luang akan tercipta dengan sendirinya.

Berikut beberapa tips untuk menciptakan “Me-Time”:
1. Langsung berdoa atau bermeditasi setiap bangun tidur.
2. Menetapkan satu hari kerja untuk melakukan aktivitas tanpa orang lain, misalnya shopping atau makan siang di luar sendirian.
3. Memasang tanda “Do Not Disturb” di depan pintu ruang kerja selama 15 menit setiap pagi atau sore.
4. Sebisa mungkin tidak membawa pekerjaan kantor ke rumah agar bisa lebih santai beristirahat.
5. Mengunci diri sendiri di kamar sambil melakukan aktivitas yang menyenangkan, misalnya membaca, menonton film, atau mendengarkan musik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com