Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampanye Mulai, Atribut Partai Makin Marak

Kompas.com - 16/03/2009, 08:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kampanye terbuka pemilu 2009 dimulai hari ini, sebanyak 44 partai akan bertanding untuk memperebutkan suara rakyat. Sebelumnya atribut partai berupa bendera, spanduk, baliho berisi iklan caleg maupun capres sudah membanjiri tiap sudut jalan.

Promosi parpol itu semakin menjamur karena kampanye terbuka telah dimulai. Berdasar pantauan Kompas.com, beberapa ruas jalan selain jalan protokol Jakarta telah dibanjiri aneka spanduk dan baliho.

Sementara di jalan protokol ibukota seperti JL Jenderal Sudirman, Jl Gatot Subroto, kawasan Medan Merdeka dan Monas,Bundaran HI, Kuningan sudah bersih dari atribut partai.

Meski jalan protokol yang tergolong white area sudah bersih dari atribut partai, di beberapa ruas jalan pemasangan iklan parpol itu masih semrawut dan tidak beraturan

"Kalau di daerah sini, beberapa bulan sebelum kampanye pun sudah penuh spanduk dan bendera parpol," ujar Ahmad Zaelani (45), warga Kampung Pulo, Jakarta saat ditanyai Kompas.com, kemarin.

Ia merasa prihatin dengan cara pemasangan aneka iklan parpol dan caleg yang tak beraturan di sembarang tempat. "Saya pernah lihat di lampu lalu lintas, dipasang stiker iklan caleg tepat lampu hijaunya. Beriklan ya silakan, tapi ini kan sudah keterlaluan," ujarnya.

Sementara itu, pemasangan atribut partai dengan dimulainya kampanye terbuka ditengarai akan semakin gencar. "Yang perlu diingat itu, ruang untuk beriklan di Jakarta kan terbatas, jadi jangan asal. Demokrasi kan mengajar kita untuk berbagi juga, termasuk tak seenaknya pasang spanduk iklan di pohon atau tembok rumah warga," kata Asep Kurnia (35), karyawan sebuah bank.

Hari ini kampanye terbuka akan dimulai dengan pencanangan kampanye damai dan tertib di PRJ Kemayoran Hall B, Jakarta Utara. Acara ini akan diikuti seluruh peserta pemilu 2009 yang diwakili ketua umum partai beserta kader dan simpatisan. Kampanye terbuka ini berlangsung 21 hari hingga 5 April 2009 sebelum pemungutan suara pemilu legislatif 9 April 2009 .

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com