Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terali Kokoh, Terali Indah

Kompas.com - 05/03/2009, 10:04 WIB

MATERIAL pembuat, konstruksi, dan ukuran perlu diperhatikan agar terali yang dipasang dapat memenuhi fungsi utamanya, yaitu keamanan dan keindahan.

Pagi itu, Pak Bambang kaget bukan main. Pasalnya, jendela rumah sudah terbuka dan sebagian barang-barang elektronik miliknya raib! Pak Bambang geleng-geleng kepala; ternyata terali—yang dalam bahasa sehari-hari sering juga disebut sebagai teralis—yang menurutnya sudah terpasang kokoh, oleh pencuri dapat dengan mudah dilepas dari kusen. Dilihat sekali lagi, ternyata kusen jendela ikut dicongkel. Tidak terpikir sebelumnya, ternyata pencuri cukup nekat untuk merusak terali berikut kusen jendelanya.

Menggunakan terali bukan berarti seratus persen aman dari pencuri. Apalagi bila pemasangan dan konstruksi terali tidak cukup tepat dan kokoh. Grille atau lebih dikenal dengan nama terali bukan barang baru bagi rumah-rumah di Indonesia. Bila dilihat dari fungsinya, terali harus kokoh karena berfungsi sebagai pengaman yang ditempelkan pada kusen jendela.

Namun selain kokoh, merencanakan desain terali juga harus memikirkan nilai keindahan. Sebab tanpa aspek keindahan, boleh jadi terali berkesan keras, kasar, dan tidak serasi dengan gaya rumah.

Mendesain Terali

Jadi, bagaimana mendesain terali rumah tinggal agar dapat memenuhi fungsi keamanan dan keindahan? Tidak sulit sebenarnya, asal memperhatikan desain, konstruksi, dan ukuran elemen. Yang tidak ketinggalan adalah pengukuran terali agar dapat berfungsi dengan baik.       

Sebelum mengukur, tidak ada salahnya untuk merencanakan dahulu desain konstruksi yang akan digunakan. Tentunya ini disesuaikan dengan desain jendela yang ada. Boleh saja besi-besi terali disesuaikan dengan desain daun jendela, untuk menghindarkan motif yang bertumpuk. Motif yang bertumpuk tersebut akan memberikan kesan ramai dan justru tidak menampilkan keindahan.


Mendesain terali pada daun jendela kaca yang berkotak-kotak tidak sebebas daun jendela kaca bening polos tanpa rangka. Rangka pada daun jendela sebenarnya berfungsi membantu daun jendela agar semakin kokoh, sehingga jangan risau bila seakan-akan rangka daun jendela ini mengganggu desain terali.

Desain terali dapat serasi dengan daun jendela, apabila saat mendesain tetap dipertimbangkan rangka-rangka yang terdapat pada daun jendelanya. Dengan demikian, rangka-rangka pada daun jendela dapat menambah nilai keindahan secara keseluruhan.

Mengikuti tren memang tidak ada salahnya, tetapi harus tetap memperhatikan fungsi utamanya, yaitu keamanan. Contohnya, terali yang dibuat sudah cukup kokoh dari segi konstruksinya, tetapi desain motifnya menyebabkan adanya rongga-rongga cukup besar yang memungkinkan pencuri menerobos masuk. Ini tentu tidak menjawab fungsi utama dari kehadiran terali.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com