Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paduan Suara ITB Bawakan Karya Ananda Sukarlan

Kompas.com - 27/02/2009, 14:51 WIB

BANDUNG, JUMAT--Ananda Sukarlan, komposer dunia asal Indonesia yang saat ini menetap di Spanyol, kembali menelurkan komposisi apik untuk paduan suara. Kali ini karya yang berjudul Kita Ciptakan Kemerdekaan dikomisi oleh  Paduan Suara Institut Teknologi  Bandung yang dipersembahkan bagi Institut Teknologi Bandung dalam Dies Emas yang akan jatuh pada tanggal 2 Maret 2009 nanti. Penampilan pada Sidang Terbuka Dies Emas ITB akan menjadi penampilan perdana Kita Ciptakan Kemerdekaan.

Kita Ciptakan Kemerdekaan merupakan komposisi yang digubah dari puisi karya Sapardi Djoko Damono dengan judul yang sama. World premiere karya tersebut direncanakan dihadiri juga oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Ananda Sukarlan sendiri adalah seorang pianis handal dan merupakan orang Indonesia pertama yang masuk dalam buku 2000 Outstanding Musicians of the 20th Century, The International Who’s Who in Music, dan Guinness Book of Record atas keberhasilannya memperdanakan 28 karya baru dalam Festival Musik Modern di Spanyol pada bulan September 1995.

Selain Kita Ciptakan Kemerdekaan, Ananda Sukarlan turut menciptakan karya berjudul Jokpiniana No.1 yang digubah dari puisi-puisi karya Joko Pinurbo yang akan dikomisi oleh Paduan Suara ITB untuk mengikuti 3 kompetisi dan festival paduan suara di Eropa bulan Juli mendatang.

ITB Cultural Tour 2009

ITB Choir juga akan mengikuti 48° International Choir Competition Seghizzi 2009 di Gorizia, Italia. Kemudian mereka akan mengikuti Festival Internacional de Música de Cantonigròs, Spanyol pada tanggal 16-19 Juli 2009. Festival terakhir yang akan diikuti PS ITB adalah 14ème Festival Choral International en Provence , Prancis. Di antara jadwal yang padat tersebut, masih ada jadwal untuk konser di kota-kota lainnya. “Program ini merupakan salah satu target kami dari program pembinaan berkelanjutan yang telah dilakukan sejak 2006” ujar Bapak Indra Listiyanto, dirigen dan direktur musik dari Paduan Suara Mahasiswa ITB.

Keikut sertaan ITB Choir dalam acara-acara tersebut dirangkum dalam kegiatan ITB Cultural Tour (ICT) 2009 yang merupakan cultural tour ketiga yang diselenggarakan oleh Paduan Suara Mahasiswa ITB. Sebelumnya PSM ITB pernah menyelenggarakan ICT pada tahun 2004 dan 2006 dalam keikut sertaan di Olimpiade Paduan Suara. Pada tahun 2004 ITB Choir mendapatkan 2 medali perak dari 2 kategori yang diikuti, dan pada tahun 2006 ITB Choir merebut 2 medali emas dan 2 medali perak dari 4 kategori yang diikutinya.

Saat ini panitia ICT 2009 sedang berjuang mencari dana dari sponsor untuk keberangkatan mereka. “Kesulitannya terutama karena resesi dan masa pemilu di tahun 2009“ ujar ketua panitia ICT 2009 Danny Wirjadi. Bantuan dari sponsor untuk pelaksanaan program ini dan dukungan dari pemerintah tentu menjadi hal yang sangat dibutuhkan. Apalagi program ini dapat menjadi suatu promosi Indonesia di luar negeri.

Sebelum berangkat untuk kompetisi PS ITB terlebih dahulu akan menyelenggarakan Pre-Competition Concert di Bandung dan Jakarta. Salah satu tujuan konser adalah sebagai ajang uji coba sebelum berangkat. Pre-Competition Concert tersebut direncanakan akan diselenggarakan pada bulan Mei dan Juni 2009.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com