ITB Siapkan Program Magister Pariwisata

Kompas.com - 15/02/2009, 20:21 WIB
Editor

BANDUNG, MINGGU - Institut Teknologi Bandung berencana membuat Program Magister Pariwisata yang ditargetkan terbentuk tahun ini. Pariwisata dianggap sebagai cabang ilmu yang berhubungan erat dengan potensi industri kreatif dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Menurut Rektor ITB, Djoko Santoso, pariwisata adalah salah satu bagian dari potensi industri kreatif Indonesia yang yang berpeluang besar memajukan bangsa. Oleh karena itu, peran semua pihak, termasuk ITB, bertanggungjawab memajukannya.

Saat ini untuk program magister, cakupan pariwisata masih masuk dalam Program Magister Studi Pembangunan, Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan. Oleh karena itu, sangat baik bila ke depannya dibuat program khusus tentang pariwisata.

"Rencana ini akan diajukan ke Senat Akademik dan saya berharap tahun ini sudah akan dibuka," kata Djoko.

Menanggapi hal ini, Direktur Promosi Luar Negeri Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, I Gde Pitana, mengatakan merupakan ide baik dalam mengembangkan wisata Indonesia. Saat ini, tidak kurang dari 300 dinas budaya dan pariwisata di berbagai daerah di Indonesia membutuhkan tenaga kompeten mengembangkan wisata.

Dengan adanya jenjang pendidikan lebih tinggi, diharapkan ilmu dan potensi wisata bisa didapatkan dengan maks imal. Selain itu, adanya jenjang pendidikan khusus, diharapkan bisa melihat potensi yang bisa dikembangkan sehingga bisa bersaing dengan negara lain.

"Saat ini, kebanyakan sumber daya manusia pariwisata Indonesia lebih mengandalkan pengalaman ketimbang ilmu atau pengetahuan. Adanya jenjang pendidikan diharapkan bisa mengikis itu, baik melalui pengetahuan baru tentang pengelolaan objek wisata," katanya.

 

 



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X