Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simulasi Sidang ASEAN untuk Siswa

Kompas.com - 10/02/2009, 15:35 WIB

 

 

Bandung, Kompas - Sekitar 1.500 pelajar SMA, SMK, dan MA dari berbagai kabupaten/kota se-Jawa Barat mengikuti kegiatan pembukaan Lomba Simulasi Sidang ASEAN, Senin (9/2) di Gedung Konferensi Asia Afrika (KAA). Pemahaman terhadap ASEAN sangat diperlukan untuk mengetahui perkembangan.

Dalam kegiatan ini dilakukan pula sosialisasi Piagam ASEAN, yang pada akhir tahun lalu diratifikasi menjadi undang-undang. Para siswa melakukan dialog langsung dengan sejumlah pejabat dari Departemen Luar Negeri. Dalam acara yang diselenggarakan Jurusan Hubungan Internasional Universitas Pasundan ini siswa belajar mengenai tata cara berdiplomasi, khususnya di ASEAN.

"Kegiatan ini sebetulnya lebih bertujuan ke sosialisasi mengenai ASEAN secara umum. Jika biasanya kegiatan dilakukan lewat ceramah, di sini lewat simulasi. Siswa bisa merasakan betul suasana sidang ASEAN, dan mereka juga tidak akan bosan," ujar Direktur Kerja Sama Ekonomi ASEAN Deplu.

Pendapat ini dibenarkan Utis Sutisna, pembina siswa dari SMAN 1 Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat. "Selain melatih bahasa Inggris, mereka semipraktik di sini tentang kegiatan sidang ASEAN," tuturnya.

Agar bisa mengikuti dengan baik lomba simulasi sidang ini, ucapnya, siswa dituntut pula banyak membaca surat kabar dan mencari informasi tentang perkembangan kerja sama ASEAN di internet. Ketua pelaksana Sigid Harimurti mengatakan, lomba ini akan dilakukan serentak di 26 kabupaten/kota se-Jabar. Khusus untuk peserta asal Bandung, lomba dilakukan di Gedung KAA.

Setidaknya tiga hal diujikan kepada siswa dalam kegiatan ini, yaitu kemampuan pemahaman tentang kerja sama ASEAN, kemampuan bahasa Inggris, serta pengetahuan tentang tata cara bersidang dan profil negara yang diwakili. (jon)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com