Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Wapres Jusuf Mendarat di Bandara Dulles

Kompas.com - 04/02/2009, 21:58 WIB

WASHINGTON DC, RABU — Pesawat khusus Boeing Business Jet (BBJ) Boeing 737-800 yang membawa Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla beserta rombongan terbatas dari Minessota, Amerika Serikat (AS), Rabu (4/2) pagi waktu setempat atau pagi waktu Jakarta, mendarat di Bandar Udara Internasional Dulles, Washington DC, AS. Sebelumnya, Wapres dan rombongan melakukan kunjungan kerja selama tiga hari dua malam di Jepang.

Wapres Kalla disambut oleh Duta Besar RI untuk AS, Sujadnan Parnohadiningrat, Konsuler Penerangan Chalief Akbar Tjandraningrat dan Sekretaris 1 Protokol dan Konsuler Anita Luhulima. Adapun rombongan terbatas Wapres Kalla di antaranya Ny Mufida Jusuf Kalla, putrinya Muschlisa Kalla dan Ahmad Kalla serta Dirjen Pelayanan Medik Depkes Faried W Husain, Staf Khusus Wapres Muhammad Anduh, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (API) Sofyan Wanandi dan Seswapres Tursandi Alwi.

Dari Bandara Dulles, Wapres Kalla dan rombongan beristirahat sejenak di Suite Kepresidenan Wisma Duta di Jalan Tilden NW 2700, Washington DC, sebelum berangkat menuju International Ballroom Centre Hotel Hilton, untuk mengikuti jamuan makan siang dalam acara National Prayer Breakfast ke-5 yang diselenggarakan oleh Kongres AS. Presiden Barack Hussein Obama dan Wapres Joe Biden dijadwalkan akan hadir dan bersalaman dengan sejumlah tamu undangan, termasuk Wapres Kalla, Kamis (5/2).

Di acara yang rutin diadakan sebagai doa ucapan syukur bangsa AS beserta staf diplomatik se-AS dan para tokoh politik dan lintas agama yang diundang di setiap awal tahun dari berbagai negara, Wapres Kalla akan berpidato sekitar 10 menit pada sekitar pukul 13.00 waktu setempat. Ia membawakan tema proses mewujudkan perdamaian dan mengakhiri berbagai konflik yang menjadi pengalaman Indonesia.

Selanjutnya, dari Hotel Hilton, Wapres Kalla akan melakukan kunjungan kehormatan ke Wapres Joe Biden di Gedung Putih, sebelum melakukan pertemuan dengan anggota Senat AS asal Partai Demokrat Virginia James Webb dan Senator Christopher Bond dari Partai Republik, Missiouria. Malam harinya, di Wisma Duta, Wapres Kalla akan bersilaturahim dengan masyarakat Indonesia yang tinggal di AS.

Di acara itu, selain akan menjelaskan perkembangan kondisi Indonesia, Wapres Kalla akan mendengar pertanyaan dan masalah yang disampaikan warga Indonesia di AS dalam sesi tanya jawab. Seusai acara itu, Wapres Kalla beserta Ny Mufidah akan menginap di Suite Kepresidenan Wisma Duta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com