Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres Kalla Bertolak ke AS

Kompas.com - 02/02/2009, 22:43 WIB

Laporan Wartawan Kompas Suhartono

TOKYO, SENIN - Dengan pesawat khusus Boeing Bussiness Jet (BBJ) 737-800 yang berkapasitas 15 kursi dari Bandar Udara Internasional Narita, Tokyo, Jepang, Senin (2/2) sore hari waktu setempat, Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla bersama rombongan terbatas, menuju ke Washington DC, Amerika Serikat (AS) setelah melakukan kunjungan kerja di Tokyo.

Namun, sebelum ke Washington DC, pesawat BBJ yang ditumpangi Wapres Kalla akan mampir ke Seattle untuk transit selama hampir tiga jam guna mengisi bahan bakar sebelum melanjutkan penerbangan kembali menuju Bandar Udara Rochester, Minnesota, AS, Selasa (3/2).

Selanjutnya, di Minnesota, Wapres Kalla akan beristirahat hingga esok harinya. Di Minnesota, Wapres Kalla tercatat tidak melakukan acara, terkecuali acara internal.

Kunjungan ke AS dilakukan Wapres Kalla untuk memenuhi undangan anggota Kongres AS. Selain mengadakan pertemuan, Wapres Kalla juga akan menghadiri acara National Prayers Breakfast ke-57 di Washington DC, AS. Direncanakan juga, di acara tersebut, akan hadir Presiden AS yang baru dilantik Barack Hussein Obama beserta Wapres Joe Biden.

Disebut-sebut, dalam acara itu, Wapres Kalla akan bertemu dan berjabatan tangan dengan Presiden Obama serta Wapres Joe Biden serta bertemu tokoh-tokoh AS dan dunia lainnya. Dalam pertemuan tersebut, Wapres Kalla disebutkan juga akan menyampaikan pidato di hadapan tokoh-tokoh tersebut mengenai Proses Perdamaian dan Pengalaman Indonesia.

Selama berada tiga hari di AS, Wapres Kalla juga direncanakan akan mengadakan pertemuan dengan Wapres Biden, meskipun jadwalnya masih belum ditetapkan. Sembari santap siang, Wapres Kalla akan bertemu dengan pengusaha AS dan Indonesia, yang tergabung dalam US-Indonesia Society. Wapres juga akan mengadakan pertemuan dengan masyarakat Indonesia yang tinggal di AS di Wisma Duta, Washington DC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com