China Harapkan Obama Ciptakan Stabilitas

Kompas.com - 22/01/2009, 16:53 WIB
Editor

BEIJING, KAMIS — China mengharapkan kebijakan luar negeri pemerintahan Presiden Barack Obama mampu menjaga perdamaian dunia, stabilitas, dan berkembang.  Tak cuma itu, China siap melakukan kerja sama.
   
"China ingin Amerika Serikat memperkuat hubungan dengan negara lain di dunia dan berharap kebijakan luar negeri pemerintahan Presiden Obama menjaga perdamaian dunia," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Jiang Yu dalam keterangan pers berkala, di Beijing, Kamis (22/1).
   
Menurutnya, China menginginkan Amerika Serikat mampu menciptakan perdamaian dan stabilitas dan China siap meningkatkan hubungan lebih baik dengan negara itu.
   
Terkait dengan kondisi hak asasi manusia (HAM) di China, ia mengatakan, Pemerintah China telah melakukan perbaikan dan peningkatan soal HAM dan hal itu tidak perlu dikhawatirkan oleh negara lain. "China sangat menghormati HAM dan kemajuan HAM di China telah mengalami perkembangan cukup pesat," kata Jiang Yu.
   
China sendiri, katanya, juga bersama-sama negara lain ikut mempromosikan perbaikan dan peningkatan HAM dan secara aktif ikut dalam berbagai pertemuan internasional.
   
Ia mengatakan, China telah bekerja keras untuk memperbaiki HAM di dalam negeri dan upaya kerja sama dengan pihak internasional tetap terbuka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.