Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Dokter Ikut Tenggelam di Perairan Papua

Kompas.com - 17/01/2009, 02:31 WIB

JAKARTA, SABTU - Tiga dokter yaitu dr. Hendy Prakoso, dr. Boyke Mowoka, dan dr. Wendyansah Sitompul Sp.OG menjadi korban diantara 27 penumpang Kapal Motor Risma Jaya yang mengalami kerusakan (lambung bocor) setelah dihantam ombak besar dan tenggelam di Muar a Kali Aswet Distrik Agast Kabupaten Asmat Provinsi Papua, tanggal 13 Januari 2009.

Jenazah Wendy sudah ditemukan Kamis (15/1) pukul 14.00. "Saya tiba di Timika Kamis pukul 07.00 pagi untuk menjemput Wendy karena mendengar dia kecelakaan, tapi siangnya ternyata dia ditemukan dalam kondisi sudah meninggal," kata dr Lydia Theresia SpRd saat dihubungi Kompas di Timika, Papua, Jumat (16/1) sore.

Jenazah Wendyansah Sitompul tiba di Jakarta Jumat pukul 15.30 setelah diterbangkan dari Timika pukul 11.00. Jenazah kemudian disemayamkan di rumah duka di Ciputat Raya, Jakarta Selatan untuk upacara doa, setelah itu atas permintaan keluarga dibawa ke RSPAD Gatot Soebroto Jakarta.

Hari Minggu jenazah akan disemayamkan di FKUI sebelum dimakamkan. Dimakamkan hari Minggu karena masih menunggu istrinya yang di Timika, kata drg Mustikasari, Kepala Biro Kepegawaian Depkes.   

Sementara itu, Lydia yang masih tertahan di Timika. "Saya masih belum siap menerima kenyataan ini. Rencana kami, setelah saya wisuda program spesialis Radiologi, saya akan ikut Wendy bertugas di Timika. Tapi ternyata rencana Tuhan lain," kata Lydia yang akan pulang ke Jakarta hari Sabtu ini.    

Korban yang berhasil ditemukan selamat sebanyak 22 orang, termasuk Rody SKM Kepala Puskesmas Asmat dan dua oran g pada 14 Januari 2009. Saat ini posisi mereka di Agast Dua dokter: Hendy Prakoso dan Boyke Mowoka hingga saat ini belum ditemukan.

Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari melalui Puskom Depkes, menyampaikan belasungkawa atas musibah tersebut. Semoga kepada keluarga ketiga dokter tersebut tabah dalam menghadapi cobaan ini.

Begitu pula Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia turut berduka cita dan merasakan kehilangan mendalam atas meninggalkan Wendyansah dan hilangnya dua dokter: Hendy Prakoso dan Boyke Mowoka.

Para dokter yang menjadi korban tersebut dalam rangka perjalanan untuk tugas Save Papua di pedalaman Papua. Mereka menumpang kapal barang, karena bandara Agast rusak akibat gempa beberapa waktu lalu. Perjalanan dari Timika ke Asmat membutuhkan waktu sekitar lima jam, namun kapal yang ditumpangi tenggelam ketika mendekati Agast. Kapal rusak karena dihantam ombak besar dan tenggelam pukul 16.00 WIT, Selasa, 13 Januari 2009.

dr Wendyansah Sitompul Sp.OG bertugas di RSUD Kabupaten Mimika selama dua tahun adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. dr Hendy Prakoso adalah dokter Pegawai Tidak Tetap/PTT Pusat bertugas di Kabupaten Asmat, lulusan FK Universitas Airlangga Surabaya, sedangkan dr Boyke Mowoka adalah dokter PTT Daerah, lulusan FK Universitas Sam Ratulangi Manado.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com