LSM Lingkungan Belum Tentukan Sikap

Kompas.com - 13/01/2009, 14:27 WIB
Editor

Wates, Kompas - Sejumlah lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang advokasi lingkungan hidup belum menentukan sikap terhadap tawaran PT Jogja Magasa Iron. Perusahaan tersebut hendak menggandeng mereka sebagai auditor lingkungan dalam kegiatan penambangan pasir besi.

Direktur Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Yogyakarta Suparlan mengaku pihaknya sudah menerima surat dari PT Jogja Magasa Iron (JMI) akhir tahun lalu. Dalam surat itu, PT JMI meminta kesediaan Walhi menjadi auditor lingkungan. Akan tetapi, Walhi belum menyetujuinya. "Kami mengirimkan balasan kepada PT JMI dan meminta mereka untuk memberikan informasi mengenai kapasitas dua perusahaan yang mereka miliki, yakni di Indonesia dan di Australia. Kami juga meminta kejelasan proses komunikasi perusahaan terhadap komunitas di lokasi penambangan, tapi mereka belum menanggapi," papar Suparlan, Senin (12/1) di Wates. Dibantah

Selain Walhi, LSM lain yang juga disebut-sebut akan digandeng PT JMI adalah IDEA (Institute of Development and Economic Analysis). Akan tetapi, hal itu dibantah Direktur IDEA Rinto Andriono. Apabila nantinya PT JMI menawarkan kerja sama, IDEA pasti akan menolaknya. Rencana penambangan pasir besi di Kulon Progo dinilai belum transparan dan merugikan warga.

Suparlan menambahkan, sampai saat ini ia belum mendengar adanya pendekatan yang dilakukan PT JMI terhadap LSM untuk digaet sebagai penyusun dokumen analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) atau auditor lingkungan. Kendati begitu, ia tidak menampik adanya kemungkinan pendekatan dilakukan secara personal kepada ahli atau aktivis lingkungan hidup. Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Kantor Pengendalian Dampak Lingkungan Hidup Kulon Progo Didik Wijanarto mengaku belum mendapat tawaran penyusunan amdal dari PT JMI. Menurut Didik, Komisi Amdal memang telah terbentuk di Kulon Progo, namun belum bisa bertugas karena anggota komisi masih dalam tahap penyusunan. (YOP)



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X