Solo Batik Carnival 2 Digelar 26-28 Juni 2009

Kompas.com - 11/01/2009, 22:30 WIB

SOLO, MINGGU - Solo Batik Carnival (SBC) yang memasuki tahun kedua akan digelar 26-28 Juni mendatang dengan puncak pada 28 Juni 2009. Ajang SBC 2 yang masih akan dikomandani oleh Dynand Fariz yang juga Presiden Jember Fashion Carnival ini akan menampilkan tema topeng . Tahun lalu bertema wayang .

Presentasi pertama dari beberapa peserta yang akan tampil dinilai masih belum memberikan kejutan, baik dari segi kostum, gerakan, maupun musik. Penilaian diberikan oleh para hadirin yang datang ke Taman Balekambang untuk menyaksikan presentasi, seperti Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo Purnomo Subagyo, disainer, sponsor, hingga Wali Kota Solo Joko Widodo yang menyempatkan berkunjung, Minggu (11/1).

"SBC 2 harus mengalami perubahan tanpa mengurangi batiknya. Misalnya dari segi kostum, harus tampak berubah dari segi volum, inovasi, kreativitas, orisinalitas, dan daya pakainya. SBC 2 harus menampilkan sesuatu yang unik, fantastik, dan spektakuler," kata Dynand.

Peserta masih akan melewati serangkaian proses berupa workshop, evaluasi, dan gladi. Kegiatan SBC 2 menurut Purnomo Subagyo, menelan dana anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2009 sebesar Rp 100 juta. Sisa kebutuhan dana akan ditanggung pihak ketiga.

Wali Kota Solo Joko Widodo mengatakan, SBC dan Solo International Ethnic Music (SIEM) telah masuk sebagai dua dari tujuh agenda tahunan yang disusun stakeholder pariwisata nasional. Penyelenggaraan SBC, katanya, merupakan upaya membentuk brand atau citra Solo sebagai Spirit of Java.


Editor

Terkini Lainnya


Close Ads X