Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koleksi Museum Tekstil Bertambah

Kompas.com - 08/01/2009, 18:06 WIB

JAKARTA, KAMIS — Museum Tekstil mendapat sembilan koleksi baru dalam bentuk 7 kain batik, sebuah kebaya encim jenis Karancang Betawi, dan sebuah tampin (tempat sirih) yang terbuat dari kristal. Sembilan koleksi baru itu dihibahkan Yayasan Sirih Nanas.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Arie Budhiman, menyerahkan sembilan koleksi itu kepada Kepala UPT Museum Tekstil Dyah Damayanti di gedung Museum Tekstil di Jalan KS Tubun, Nomor 4, Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (8/1).

Ketua Yayasan Sirih Nanas Emma Agus Bisri yang hadir pada acara penyerahan koleksi menuturkan, benda-benda peninggalan budaya Betawi itu telah berusia 90-100 tahun. Kain batik yang disumbangkan rata-rata berusia hampir 100 tahun, di antaranya, kain batik karya Van Zuylen (pebatik Belanda), dan kain panjang Betawi bermotif buket, kepala tumpal, kepala delorong, dan motif pagi sore.

"Saya sudah tidak asing lagi dengan Museum Tekstil. Sudah beberapa kali yayasan kami bekerja sama dengan museum ini dalam penyelenggaraan pameran budaya Betawi. Kami berharap langkah ini akan ditiru oleh yayasan lain untuk membantu memperkaya khazanah budaya Betawi," kata Emma.

Dengan adanya sembilan koleksi baru itu maka total jumlah koleksi Museum Tekstil saat ini menjadi 1.759 koleksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com