Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sutarmidji-Paryadi Pimpin Kota Pontianak

Kompas.com - 22/12/2008, 20:30 WIB

PONTIANAK, SENIN - Pasangan Sutarmidji-Paryadi, Senin (22/12), resmi dilantik menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pontianak periode 2008-2013. Sutarmidji-Paryadi berhak memimpin Kota Pontianak setelah dalam pilkada lalu meraih dukungan terbanyak dengan 85.340 suara atau 34,47 persen suara sah.

Pelantikan Wali Kota Pontianak dilakukan Gubernur Kalimantan Barat Cornelis dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Pontianak di Gedung Pontianak Convention Center, dipimpin Ketua DPRD Pontianak Gusti Hersan Aslirosa.

Dalam sambutannya, Cornelis menekankan agar wali kota dan wakil wali kota memberikan perhatian khusus pada peningkatan kualitas sumber daya manusia, penyediaan lapangan kerja, pemberdayaan masyarakat, serta penurunan angka kemiskinan di Pontianak. Pelayanan dasar publik sepe rti pendidikan dan kesehatan juga harus lebih ditingkatkan.  

"Wali Kota merupakan ujung tombak fungsi birokrasi yang harus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," katanya.

Cornelis juga mengingatkan perlunya mengedepankan transparansi dalam manajemen pemerintahan kota dan pelayanan publik, meningkatkan kerja sama dengan daerah lain untuk mengoptimalkan potensi daerah, serta melaksanakan prinsip-prinsip pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi.

"Kerja sama wali kota dan wakil wali kota harus terj alin dengan baik, jangan hanya kompak pada tahun pertama, setelah itu ribut soal uang dan proyek. Pemerintahan jadi tidak efektif," kata Cornelis.

Persoalan sampah, pedagang kaki lima, dan ketentraman di Kota Pontianak juga sempat disinggung Cornelis.

Terkait dengan pembagian tugas dan wewenang, Sutarmidji menyatakan akan berpedoman pada ketentuan dalam undang-undang pemerintahan daerah. Untuk beberapa tugas di luar ketentuan itu, ia berusaha saling mengisi dengan wakilnya. "Saya berjanji akan menjalankan tugas secara transparan dalam segala bidang. Namun saya minta masyarakat juga ikut mengawasi," katanya.

Populer

Sosok pasangan Sutarmidji-Paryadi cukup populer di kalangan warga maupun birokrat di Pontianak. Sutarmidji sebelumnya menjabat Wakil Wali Kota Pontianak selama 10 tahun, mendampingi Wali Kota Pontianak Buchary A Rahman. Sementara Paryadi yang kini masih berusia 30 tahun, sebelumnya merupakan anggota DPRD Pontianak dari Fraksi Kebangkitan Bangsa.

Dalam pilkada lalu, pasangan yang diusung Partai Persatuan Pembangunan, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia, Partau Persatuan Daerah, dan Partai Pelopor ini mengalahkan enam pasangan calon lainnya.

Pasangan Gusti Hersan Aslirosa-Setiawan Lim yang menjadi rival terdekatnya meraih 48.684 suara (19,66 p ersen), disusul pasangan Harso Suwito-Awaluddin 36.392 (14,7 persen), M Abduh-Muhammad Taha 28.655 suara (11,57 persen), Oscar-Hartono Azas 18.631 suara (7,52 persen), Haitami Salim-Gusti Hardiyansah 17.497 suara (7,07 persen), dan Sri Astuti-Eka Kurniawa n 12.404 suara (5,01 persen).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com