Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasabah Citibank Bisa Akses ATM Bersama

Kompas.com - 16/12/2008, 00:52 WIB

JAKARTA, SENIN - Nasabah Citibank kini dapat menikmati akses dan kemudahan bertransaksi melalui ATM dengan dimulainya kerjasama antara Citibank dan PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa) melalui ATM Bersama.

"Kerjasama ini memberikan akses kepada nasabah Citibank untuk menarik uang tunai, memeriksa informasi saldo, dan mentransfer uang di lebih dari 13.000 jaringan ATM Bersama dan 1.000 jaringan ATM Citibank di seluruh dunia," kata Meliana Sutikno, Vice President, Retail Bank Head, Citibank N.A. dalam rilisnya, Senin (15/12).

Menurutnya ATM Bersama merupakan layanan penyedia infrastruktur sistem ATM terbesar di Indonesia yang dapat digunakan bersama oleh sejumlah bank lokal dan internasional, sehingga nasabah bank tersebut dapat menggunakan fasilitas bank lain yang tergabung dalam jaringan tersebut.

"Secara keseluruhan, anggota bank yang sudah tergabung dalam jaringan ATM Bersama adalah 70 bank yang terdiri dari bank pemerintah, bank swasta dan seluruh Bank Pembangunan Daerah," katanya.

Di Jaringan ATM Bersama, nasabah dapat melakukan transfer antar bank melalui ATM secara
real time online. Kelebihan ini, lanjut dia, memberikan efisiensi waktu dan uang kepada nasabah Citibank dalam setiap transaksi pemindahan dana mereka.

"Melalui ATM Bersama, nasabah akan mengalami pengurangan biaya switching (sinkronisasi data antar bank) dibandingkan saat mereka harus bertransaksi melalui jaringan ATM Internasional, seperti PLUS dan CIRRUS," jelasnya. Pada saat yang sama, nasabah Citibank juga dibebaskan dari biaya transaksi karena biaya tersebut ditanggung oleh Citibank.

Nasabah bank anggota ATM Bersama juga dapat melakukan transaksi perbankan melalui
telepon seluler, M-ATM Bersama. M-ATM Bersama memungkinkan nasabah anggota ATM
Bersama melakukan transaksi perbankan seperti cek saldo serta transfer antar bank dari dan ke
70 bank anggota ATM Bersama dengan cepat, mudah dan aman.

Ke depannya, layanan ini dapat dimanfaatkan untuk penarikan tunai dan pembelian barang di merchant-merchant yang ditunjuk, pembayaran tagihan telepon, kartu kredit, hingga pembayaran leasing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com