Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyusuri Sungai Katingan

Kompas.com - 11/12/2008, 21:55 WIB

Oleh Wisnu Aji Dewabrata

Berwisata naik perahu kelotok menyusuri sungai di pedalaman Kalimantan sangat menantang. Sungai yang dilalui tidak hanya mengalir lembut, tetapi memiliki riam yang menciutkan nyali. Cerita tentang perahu kelotok yang gagal melewati riam dan karam bukan isapan jempol. Untungnya, Kompas bersama delapan penumpang perahu berhasil melewati riam-riam Sungai Katingan yang mendebarkan.

Kalimantan Tengah memiliki banyak sungai yang penuh riam. Salah satu sungai yang menantang untuk ditelusuri adalah Sungai Katingan di Kabupaten Katingan. Sungai Katingan memiliki riam dengan jarak paling dekat dari Kota Palangkaraya, sekitar empat jam perjalanan dengan mobil.

Perjalanan dari Palangkaraya ke Kasongan, ibu kota Kabupaten Katingan sejauh 80 kilometer dapat ditempuh melalui jalan mulus. Dari Kasongan perjalanan dilanjutkan sampai ke Simpang Samba yang jaraknya 30 kilometer dari Kasongan.

Di persimpangan itu terdapat sejumlah rumah makan untuk mengisi perut. Ada rumah makan yang menyediakan masakan Jawa, ada juga yang menyediakan menu Banjar seperti nasi kuning dan lontong sayur.

Mulai dari Simpang Samba sampai ke Tumbang Samba di Kecamatan Katingan Tengah, kondisi jalan sepanjang 65 kilometer buruk. Sebagian besar berupa jalan tanah yang sulit dilalui saat musim hujan.

Bagi wisatawan yang berniat bertualang, kondisi off road justru memberi keasyikan tersendiri. Beruntung saat Kompas bersama rombongan lewat, awal Januari lalu, jalan cukup keringsehingga mobil 4 x 4 yang kami naiki bisa lewat dengan mudah.

Perjalanan sejauh 65 kilometer menuju Tumbang Samba (tumbang artinya muara atau pertemuan dua sungai) ditempuh dalam dua jam. Perjalanan ke Tumbang Samba akan melewati beberapa desa, dengan pemandangan didominasi hamparan lahan gambut.

Tumbang Samba adalah nama desa di Kecamatan Katingan Tengah di tepi Sungai Katingan. Lalu lintas sungai cukup ramai karena merupakan perlintasan ke beberapa kecamatan di pedalaman Kalimantan Tengah.

Perjalanan mendebarkan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com