Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia Ramaikan Festival Keroncong Internasional

Kompas.com - 05/12/2008, 21:58 WIB

Laporan wartawan Kompas Sonya Helen Sinombor

SOLO, JUMAT — Sejumlah grup musik keroncong dari beberapa daerah dan Malaysia, malam ini, Jumat (5/12), tampil dalam Festival Keroncong Internasional (International Keroncong Festival/IKF 2008) yang berlangsung di Keraton Surakarta, Solo (Jateng). Selain grup musik dari beberapa daerah, kegiatan ini diikuti peserta dari Yayasan Warisan Johor dari Malaysia.

Sesuai jadwal, malam ini akan tampil kelompok musik Bintang Remaja (Pati), Rinonce (Yogyakarta), dan Irama Pakuan (Bogor). Yayasan Warisan Johor dan Solo Keroncong Orkestra yang sempat tampil pada malam pembukaan IKF, Kamis (4/12) malam kemarin, juga akan tampil kembali. Rencananya, hari kedua IKF 2008 ini akan menampilkan bintang tamu, Tia dan Haikal AFI.

Festival Keroncong Internasional yang dimulai sejak Kamis kemarin dipusatkan di Sitihinggil Keraton Surakarta, menampilkan karya musik keroncong dari sejumlah grup musik di beberapa daerah dan Malaysia.

Festival yang akan berlangsung hingga Sabtu (6/12) besok diikuti satu grup keroncong Yayasan Warisan Johor (Malaysia) dan dari luar wilayah Surakarta yakni Harmony Chinese Music Group (Bandung), Canina (Surabaya), Congrock (Semarang), Irama Bama (Surabaya), Rinonce (Yogyakarta), Bintang Remaja (Pati), Irama Pakuan (Bogor), Nadya Dewi (Purbalingga), KR 56 (Lampung), Cyber (Bandung), dan Merah Putih (Bandung) .

Sementara dari wilayah Surakarta, hadir Solo Keroncong Orkes, Orkes Tirta Lawu, Orkes Damai, Orkes Minimalis, dan Orkes Solo Senior. Selain tampil dalam festival, para peserta akan menampilkan pertunjukan keroncong di Solo Grand Mall dan Solo Square.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com