Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Manfaat Karpet

Kompas.com - 28/11/2008, 16:13 WIB

SELAMA ini banyak orang mengenal karpet hanya sebagai alas penutup lantai atau alas duduk. Padahal, karpet memiliki berbagai manfaat lainnya, lho. Apa saja? Simak uraian menariknya di bawah ini.

  • Pencipta suasana pada ruangan. Variasi warna dan motif pada karpet bisa mendukung terwujudnya tema pada ruangan. Contohnya, karpet berwarna lembut dan bermotif floral, bisa menciptakan kesan romantis pada ruangan.
     
  • Sebagai alas furnitur. Dengan adanya karpet sebagai alas, furnitur akan terhindar dari pergeseran langsung dengan lantai. Pergeseran demikian, seringkali menimbulkan "cacat" pada permukaan lantai maupun furnitur Anda.
     
  • Memberikan kenyamanan saat berjalan. Bahan dan tekstur benang atau bulu pada karpet berbeda-beda. Mulai dari yang halus hingga kasar. Perbedaan tersebut bisa memberikan sensasi tersendiri, pada saat menyentuh telapak kaki. Sehingga tercipta kenyamanan bagi orang-orang yang melangkah di atasnya.
     
  • Sebagai peredam kebisingan. Keberadaan karpet bisa berfungsi sebagai peredam suara bising. Baik suara dari radio atau televisi, maupun dari langkah-langkah kaki. Karpet juga bisa meredam kebisingan yang mungkin terdengar antara lantai satu dan dua dalam rumah.
     
  • Menciptakan focal point dengan segera. Dengan meletakkan karpet berwarna berbeda dari warna ruangan, Anda bisa menjadikan karpet sebagai titik perhatian (focal point). Atau Anda juga bisa menempatkan karpet bermotif, jika ruangan Anda didominasi oleh furnitur yang berkesan polos dan datar.

 

Anissa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com