Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembangkan Pariwisata Berbasis Masyarakat

Kompas.com - 26/11/2008, 13:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS - Sektor Pariwisata sangat potensial untuk pemberdayaan ekonomi rakyat dan mempunyai multiplier effect yang sangat luas. Karena usaha-usaha di sektor pariwisata terkait langsung dengan banyak sektor lain yang mempengaruhi kehidupan ekonomi rakyat.

"Konsep pengembangan pariwisata berbasis masyarakat merupakan langkah efektif untuk menjadikan sektor pariwisata memberikan manfaat optimal kepada masyarakat," kata Deputi Bidang Koordinasi dan Perdagangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Edy Putra Irawady, pada Rapat Kerja Pemasaran Pariwisata 2009, Rabu (26/11) di Jakarta.

Menurut Edy Putra Irawady, strategi khusus pemberdayaan ekonomi rakyat melalui pariwisata dilakukan dengan konsep community based tourism (CBT) atau pariwisata berbasis masyarakat, adalah dengan melibatkan masyarakat lokal dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program pariwisata.

Masyarakat lokal menjadi pemanfaat utama dari kegiatan pariwisata lokal. Konsep CBT banyak diterapkan dalam penyelenggaraan wisata petualangan, wisata budaya, dan ecotourism sehingga model CBT sangat cocok untuk pelestarian sumber-sumber daya lokal baik sumber daya alam maupun budaya.

"Tren pariwisata modern yang juga makin diminati masyarakat dalam negeri adalah mencari kekhasan lingkungan alam dan budaya. Pelestarian keanekaragaman sumber-sumber daya hayati dan kekhasan budaya lokal merupakan langkah terbaik untuk menarik lebih banyak wisatawan, yang pada gilirannya akan memberikan manfaat kepada ekonomi global," jelasnya.

Edy Putra berpendapat, dalam kondisi krisis global yang potensial mempengaruhi pariwisata domestik, langkah yang paling tepat adalah meningkatkan promosi dengan sasaran utama wisatawan domestik.

Promosi dan pemasaran pariwisata yang efektif harus dimulai dengan pengembangan destinasi pariwisata yang berdaya tarik tinggi. Untuk mengantisipasi dampak krisis ekonomi global pada pariwisata Indonesia, khusunya terkait dengan masalah ketenagakerjaan, perlu dibangun kerjasama yang lebih erat antara pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com