Kembangkan Pariwisata Berbasis Masyarakat

Kompas.com - 26/11/2008, 13:42 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS - Sektor Pariwisata sangat potensial untuk pemberdayaan ekonomi rakyat dan mempunyai multiplier effect yang sangat luas. Karena usaha-usaha di sektor pariwisata terkait langsung dengan banyak sektor lain yang mempengaruhi kehidupan ekonomi rakyat.

"Konsep pengembangan pariwisata berbasis masyarakat merupakan langkah efektif untuk menjadikan sektor pariwisata memberikan manfaat optimal kepada masyarakat," kata Deputi Bidang Koordinasi dan Perdagangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Edy Putra Irawady, pada Rapat Kerja Pemasaran Pariwisata 2009, Rabu (26/11) di Jakarta.

Menurut Edy Putra Irawady, strategi khusus pemberdayaan ekonomi rakyat melalui pariwisata dilakukan dengan konsep community based tourism (CBT) atau pariwisata berbasis masyarakat, adalah dengan melibatkan masyarakat lokal dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program pariwisata.

Masyarakat lokal menjadi pemanfaat utama dari kegiatan pariwisata lokal. Konsep CBT banyak diterapkan dalam penyelenggaraan wisata petualangan, wisata budaya, dan ecotourism sehingga model CBT sangat cocok untuk pelestarian sumber-sumber daya lokal baik sumber daya alam maupun budaya.

"Tren pariwisata modern yang juga makin diminati masyarakat dalam negeri adalah mencari kekhasan lingkungan alam dan budaya. Pelestarian keanekaragaman sumber-sumber daya hayati dan kekhasan budaya lokal merupakan langkah terbaik untuk menarik lebih banyak wisatawan, yang pada gilirannya akan memberikan manfaat kepada ekonomi global," jelasnya.

Edy Putra berpendapat, dalam kondisi krisis global yang potensial mempengaruhi pariwisata domestik, langkah yang paling tepat adalah meningkatkan promosi dengan sasaran utama wisatawan domestik.

Promosi dan pemasaran pariwisata yang efektif harus dimulai dengan pengembangan destinasi pariwisata yang berdaya tarik tinggi. Untuk mengantisipasi dampak krisis ekonomi global pada pariwisata Indonesia, khusunya terkait dengan masalah ketenagakerjaan, perlu dibangun kerjasama yang lebih erat antara pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat luas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.