Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membuat Ornamen Lukisan di Plafon

Kompas.com - 26/11/2008, 10:08 WIB

BOSAN dengan yang polos, coba buat ornamen dekoratif di plafon. Memasang lukisan, tidak melulu di dinding, bisa juga di plafon. Rumah dengan gaya apapun bisa menggunakan ornamen dekoratif lukisan. Jangan lupa, sesuaikan dengan tema dan warna ruangan.

Selain biayanya murah, mengerjakannya pun mudah. Bisa dikerjakan sendiri atau menyewa tukang. Lama pengerjaannya tidak akan memakan waktu lebih dari satu hari. Langkah-langkahnya adalah:

  1. Buat lubang di plafon, yang sesuai dengan luas ruangan dan ukuran plafon. Perhatikan rangkanya, jika tanpak rapuh, perkuat. Dengan cara menambahkan balok kayu pengikat plafon, ke kuda-kuda atap.
     
  2. Tempelkan lis ukir 12cm, di sekeliling lubang, menggunakan sekrup. Agar tidak merusak ukirannya, pasang sekrup dari belakang plafon. Sisakan 1cm-2cm lebar lis, sebagai dudukan dindingnya.
     
  3. Buat panel kayu, yang sesuai dengan desain dan ukuran lubang. Jika atap rumah menggunakan dak beton, tempelkan panel di atap dak. Jika bagian atas plafon berupa kuda-kuda atap, buat rangka kayu untuk menempelkan panel. Posisi panel, lebih tinggi dari bibir lubang, dan berada di tengah-tengah.
     
  4. Potong reng 3/4 (4 buah), sesuaikan panjangnya dengan jarak antara ujung panel ke sudut bibir lubang. Gunakan sekrup untuk menempelkan kedua ujung reng ke ujung panel dan sudut bibir lubang.
     
  5. Tempelkan lis kayu 10cm, di bawah reng. Sisakan jarak 3cm pada lis, di kiri dan kanan reng. Gunakan sekrup sebagai perekat.
     
  6. Potong tripleks sesuai bentuk dan ukuran dinding tadi. Potong lukisan mengikuti bentuk dan ukuran tripleks, masing-masing 4 lembar.
     
  7. Lumuri tripleks dengan lem. Tempelkan lukisan ke permukaannya. Setelah lem kering, tempatkan keempat tripleks di atas rangkanya.
     

 

Penulis : Anissa
Foto : Tri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com