Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penemuan Ratusan Keping Uang Kuno Hebohkan Sidoarjo

Kompas.com - 23/11/2008, 17:38 WIB

SIDOARJO, MINGGU - Warga Dusun Kepatihan, Desa Kepatihan, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, dihebohkan penemuan ratusan uang keping logam kuno. Ratusan uang logam itu ditemukan Rohimin (57) saat membuat saluran pembuangan air di belakang rumah sekitar pukul 07.00, Minggu (23/11) di Sidoarjo.

Rohimin mengatakan, penemuan itu berawal saat dirinya menggali tanah di belakang rumah untuk membuat saluran air. Saat menggali pada kedalaman 20 sentimeter, cangkul yang ia gunakan membentur kendi yang terbuat dari tanah. Setelah diangkat keluar, ternyata berisi kepingan uang logam kuno bertuliskan huruf China.

"Setelah kepingan uang tersebut saya cuci dibersihkan, ternyata uang kuno bertuliskan huruf China," jelas Rohimin yang pekerjaan sehari-hari sebagai buruh tani itu. Kepingan uang itu berdiameter sekitar tiga senti dan terdapat lubang berbentuk bujur sangkar sepanjang setengah sentimeter tepat di tengah kepingan. 

Kepala Desa Kepatihan Anang Suhari mengatakan, jika memang kepingan uang kuno itu hendak diambil pemerintah, ia berharap ada kompensasi bagi Rohimin. Sejauh ini, imbuh Anang, pihak Kepolisian Sektor Tulangan telah mengambil tiga keping uang logam sebagai barang bukti.

"Menurut polisi, kepingan uang logam itu akan diteliti lebih lanjut mengenai asal muasal uang logam itu," kata Anang.

Penemuan uang logam kuno itu menarik perhatian ratusan masyarakat yang penasaran. Pihak keluarga Rohimin bahkan memasang tarif Rp 1.000 bagi warga yang hendak menyaksikan ratusan uang logam itu. Kini, uang logam tersebut disimpan dibekas akuarium dan disimpan di dalam rumah.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com